Sukses

Meningkatkan Kesuburan

22 May 2018, 04:16 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok mohon dijawab semuanya ya. Saya sedang merencanakan kehamilan dan sudah membaca tips mempermudah peluang kehamilan. Yang mau saya tanyakan 1. Apa benar madu bisa menyuburkan kandungan? Dan bolehkah madu dikonsumsi setiap hari dalam jangka panjang sesuai dosis? (Misal 1 tahun) dan untuk hasil optimal, lebih baik madu dicampur air atau langsung aja? 2. Untuk vitamin e saya minum natur e dan juga saya minum jus 3 diva ( wortel,tomat, apel ) boleh kah di konsumsi dalam jangka panjang juga, terutama natur e ? Saya juga konsumsi sayuran hijau dan kacang kacanganūüôŹūüŹľ Dok saya minta jawaban sedetail mungkin. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar kesuburan menggunakan fitur Tanya Dokter

1. Madu untuk Kesuburan

Penelitian terhadap khasiat madu lebih banyak terhadap pengaruhnya atau hubungannya dengan kesuburan pria. Madu menurut beberapa penelitian meningkatkan jumlah sperma dan memperbaiki motilitas/gerak sperma pada tikus dewasa. Selain itu juga dapat membantu mengatasi masalah disfungsi ereksi. Penelitian lain juga ada yang mengatakan karena kandungan vitamin, mineral dan asam amino yang terdapat di dalam madu, hal tersebut dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita. Namun, penelitian lainnya mengatakan madu justru menurunkan jumlah dan gerak sperma, serta meningkatkan jumlah sperma yang mati.

Oleh sebab itu, masih dibutuhkan penelitian-penelitian lainnya untuk mendungkung khasiat madu untuk kesuburan.

Meskipun demikian ,tak ada salahnya mengonsumsi madu. Madu memiliki manfaat sebagai antioksidan dan antibakteri yang bermanfaat bagi tubuh. Tidak ada laraangan untuk mengkonsumsi madu setiap hari, asalkan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Konsumsilah dalam jumlah yang cukup yaitu di antara 50-80 gram sehari. Pilihlah madu alami dan dalam jumlah yang tepat serta secukupnya untuk manfaat kesehatan yang baik.

 

2.Vitamin E untuk Kesuburan

Manfaat vitamin E bagi pria dan wanita memang dapat meningkatkan kesuburan, serta menjaga kesehatan dinding rahim dan plasenta untuk mencegah keguguran.

Vitamin E dapat ditemukan di beberapa jenis makanan seperti sayuran hijau, buah, daging, telur dan ayam. Pada umumnya mengkonsumsi vitamin E bisa dikatakan aman jika digunakan sesuai dosis dan tidak berlebihan. DJumlah asupan vitamin E yang dianjurkan setiap harinya untuk wanita usia lebih dari 14 tahun adalah sebanyak 15 mg/hari atau 22.5 internasional unit (IU) per hari. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi makanan alami yang memiliki kandungan vitamin E.

3. Syuran Hijau dan Kacang-kacangan untuk Kesuburan

Menurut The Center for Disease Control(CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio. Sayuran hijau dan kacang-kacangan mengandung asam folat.

Anda dapat memberikan variasi makanan yang mengandung asam folat tidak harus kacang-kacangan setiap harinya. Berikut artikel mengenai sumber makanan asam folat: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3433843/daftar-makanan-yang-mengandung-asam-folat 

Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar