Sukses

Cara Mengembalikan Dislokasi Rahang

21 May 2018, 23:08 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok saya mengalami dislokasi rahang, saya merasa kesulitan saat membuka mulut lebar dan terdengar bunyi "kluk kluk" saat saya membuka mulut lebar dan saya pun kesulitan untuk menutup kembali mulut saya dan pipi saya menjadi besar sebelah. Saya sudah periksa ke dokter dan dokter menjelaskan kondisi rahang saya yang seperti ini (dislokasi) disebabkan oleh gigi geraham bungsu yang tidak keluar ( didalam gusi ) dan posisinya tidur tpi sudah di operasi untuk mengeluarkan gigi tsb. Apa yang harus saya lakukan agar kondisi rahang saya kembali semula?

Terimakasih telah bertanya seputar cara mengembalikan dislokasi rahang melalui fitur Tanya Dokter.

Untuk mengembalikan posisi rahang ke seperti semula bisa dilakukan metode reduksi atau reposisi secara manual dengan atau tanpa bantuan obat anastesi ataupun muscle relaxant.

Setelah reduksi berhasil dilakukan, rahang bawah dapat diimobilisasi selama beberapa hari dengan head-chin strap atau fiksasi intermaksila. Tujuan imobilisasi agar kapsul mempunyai kesempatan untuk mengadakan perbaikan dan penyesuaian kembali keseimbangan otot serta mencegah dislokasi terjadi kembali disebabkan kapsul yang masih kendor. 

Untuk perawatan dislokasi mandibula rekuren atau berulang maka biasanya dilakukan tindakan bedah. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cara mengembalikan dislokasi rahang, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar