Sukses

Tambalan Gigi Depan Ditambal Kembali Tapi Selalu Menghitam

21 May 2018, 23:07 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya memiliki keluhan, ada lubang kecil yg menghitam dibagian gigi depan. Saya merasa tdk PD. Saat saya ke dokter anjuranya yaitu di tambal. Namun warna hitamnya semakin melebar sedikit terlihat setelah ditambal. Lalu apa yg harus saya lakukan ketika kontrol ke dokter? Apakah ada alternativ lain spy tdk menghitam/bahkan bsa menutup lubang sgt kecil di bagian gigi depan sya ini? Trimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar tambalan gigi depan ditambal kembali tapi selalu menghitam melalui fitur Tanya Dokter.

Perbaikan gigi depan dengan bahan tambal memang cukup sulit dan membutuhkan keahlian operator, karena meski gaya kunyah di bagian depan rahang tidak sebesar di bagian belakang namun banyak faktor yang dapat menyebabkan kegagalan. Dari segi gigi itu sendiri, gigi harus dipreparasi sedemikian rupa dengan pengasahan yang harus memenuhi prinsip-prinsip tertentu sehingga gigi mampu "memegang" bahan tambal dengan baik. Bahan tambal harus dapat berikatan dengan baik dengan jaringan keras gigi sehingga dapat menahan beban kunyah yang berpotensi melepas tambalan. Bila pengasahan gigi kurang memenuhi persyaratan, maka hal tersebut dapat memperbesar resiko kegagalan dan tambalan tidak dapat bertahan lama. Proses penambalan juga memegang peranan yang sangat penting terhadap keberhasilan tambalan jangka panjang. Kami berasumsi bahwa bahan tambal yang digunakan adalah bahan tambal sewarna gigi yang pengerasannya membutuhkan penyinaran, yaitu resin komposit.

Tahap-tahap penambalan dengan resin komposit sangat sensitif, kesalahan dalam salah satu tahap dapat mempengaruhi ketahanan jangka panjang tambalan tersebut.Namun bukan berarti tambalan yang baik dan tahan dalam jangka panjang mustahil dicapai. Tambalan yang makin lama terlihat bayangan hitam disekitarnya masih dapat diperbaiki, dengan menggunakan bahan tambal resin komposit. Dugaan kami pada tambalan sebelumnya perjalanan karies gigi masih berjalan, sehingga jika ingin ditambal lagi bagian yang hitam harus benar-benar dibersihkan dengan bur. Kami sarankan untuk menambalnya kembali di dokter gigi yang lebih berkompeten misalnya dokter gigi spesialis Konservasi Gigi(SpKG). Alternatif perawatan lainnya bila tambalan gigi depan sudah sering lepas maka dapat dilakukan pembuatan veneer atau jacket crown, bukan dengan pencabutan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai tambalan gigi depan ditambal kembali tapi selalu menghitam, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar