Sukses

Air Kelapa Selama Kehamilan

21 May 2018, 22:28 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok mau tanya, td saya makan dan minum air kelapa muda, setelah itu saya minum folamil genio, apa ada pengaruh buat baby yg saya kandung dok? Kandungan saya memasuki 8bulan lebih, mohon informasinya ya dok, terima kasih

Terima kasih telah bertanya menegnai manfaat air kelapa di fitur tanya dokter.

Air kelapa merupakan cairan yang berasal dari kelapa muda dan efeknya netral selama kehamilan. Dalam beberapa tahun ini ada beberapa penelitian yang dilakukan untuk menganalisa efek dari air kelapa. Air kelapa mengandung banyak elektrolit (mineral), yang dapat berguna untuk menghidrasi tubuh manusia. Elektrolit juga berguna dalam menjaga keasaman darah serta berpengaruh terhadap kontraksi otot. Air kelapa memiliki kadar kalium yang tinggi, yang dapat mendukung kesehatan dari jantung dan otot.

Berikut beberapa manfaat dari air kelapa yang sudah pernah diteliti sebelumnya :Berolahraga : Air kelapa yang mengandung banyak natrium dapat berguna dalam rehidrasi sehabis olahraga seperti yang disebutkan oleh studi yang dipublikasikan dalam The Southeast Asian Journal of Tropical Medicine and Public Health tahun 2007. Studi ini meneliti 10 laki-laki sehabis berolahraga dimana dibagi menjadi 4 kelompok yaitu kelompok 1 hanya mengkonsumsi air biasa, kelompok 2 mengkonsumsi minuman elektrolit kelompok 3 mengkonsumsi air kelapa saja, dan kelompok 4 mengkonsumsi air kelapa yang mengandung banyak natrium.

Setelah dilakukan pemeriksaan 2 jam kemudian terlihat bahwa rehidrasi laing tinggi terjadi pada kelompok yang mengkonsumsi air kelapa dengan kadar natrium tinggi serta pada kelompok yang mengkonsumsi minuman elektrolit.

Kolesterol : Sebuah studi awal yang dilakukan pada tahun 2008 oleh para peneliti dari Food and Chemical Toxicology, berpendapat bahwa air kelapa mempunyai efek dalam pengobatan kolesterol. Studi dilakukan dengan membandingkan obat untuk kolesterol (lovastatin) dengan air kelapa pada mencit. Setelah 45 hari terlihat bahwa pada kedua kelompok terjadi penurunan jumlah kadar LDL (kolestrol jahat) dan peningkatan kadar HDL (kolestrol baik). Namun penelitian ini tidak melakukan pemeriksaan pada pasien dengan dasar penyakit kolestrol tinggi.

Belum terdapat peneltiian yang menyatakan manfaat air kepala dalam menurunkan demam atau detoksifikasi. 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan.

0 Komentar

Belum ada komentar