Sukses

Merawat Luka Lecet

21 May 2018, 22:05 WIB
Wanita, 12 tahun.

Selamat malam, Dokter. Adik saya mengalami luka lecet parah akibat kecelakaan. Kulit di tangannya terbuka cukup luas, berwarna merah dan putih. Pertolongan pertama saat di klinik kurang baik. Luka tidak dibersihkan hanya diberi obat minum saja, sehingga dua hari kemudian luka menjadi bernanah. Kemudian dibawa ke klinik lagi, baru dibersihkan, diperban, diberi salep. Katanya dua hari baru dilepas. Saat ini kain kasa menempel pada luka. Sebenarnya bagaimana yaa dok cara perawatan yang benar? Apakah luka perlu dibungkus kain kasa atau tidak? Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya tentang perawatan luka lecet melalui fitur Tanya Dokter. 

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk perawatan luka adalah:

  • Jika luka berdarah, tekan luka dengan kain atau kassa bersih selama 10-20 menit untuk menghentikan perdarahan
  • Jika luka kotor, bersihkan kotoran dengan air mengalir
  • Jika sudah bersih, oleskan salep antibiotik dan tutup dengan kasa steril. Ganti kassa setiap hari untuk mencegah infeksi.
  • Luka harus selalu dipastikan dalam keadaan bersih, kebersihan tubuh juga harus dijaga untuk mencegah infeksi.
  • Perhatikan asupan nutrisi Anda. Protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, C dan E berperan penting dalam mempercepat penyembuhan luka. Zink dapat mempercepat proses proliferasi
  • Jika ada tanda infeksi: kemerahan, bernanah, nyeri bertambah, segera konsultasikan ke dokter.

Kassa berguna untuk menutup luka sehingga luka tidak terpapar langsung dengan lingkungan luar yang kotor. Untuk menutup luka harus menggunakan kassa yang steril dan harus rutin diganti. Demikian informasi yang kami sampaikan mengenai perawatan luka lecet. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar