Sukses

Bekas Gigitan Nyamuk

21 May 2018, 21:56 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, saya seorang gadis berusia 18 tahun. Dari kecil saya alergi nyamuk, orang tua saya sudah membawa ke dokter, tapi bekas bekas hitam belum hilang, saat ini saya sedang proses pengobatan dari dokter tapi belum ada perubahan. Obat apa yg cocok ya dok? Soalnya bekas hitam terlalu banyak di kulit kaki saya.. Orang tua saya sangat mencemaskan takut bekasnya tidak hilang. Tolong solusi nya ya dok?...

Terima kasih telah bertanya tentang bekas gigitan nyamuk menggunakan layanan Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda pasti sangat mengganggu Anda.

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka.

Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. Yang diperlukan saat ini adalah menjaga kebersihan, dan perlu diusahakan agar daerah tidak mudah bergesekan (tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat). Sedangkan untuk penanganan medis, terdapat beberapa pilihan, sesuai dengan ukuran dari hiperpigmentasi dan lamanya bekas luka Anda sudah terjadi.

Bekas hitam bekas gigitan nyamuk memang dapat mengganggu estetika dari kulit Anda. Anda tidak perlu khawatir, karena bekas luka umumnya akan menghilang secara perlahan. Pengolesan steroid tertentu sebanyak satu kali pada malam hari dapat membantu menghilangkan bekas luka. Namun yang terpenting adalah menjaga kesehatan kulit Anda agar selalu dalam keadaan sehat, seperti dengan:

1. Pilih sabun mandi yang mengandung banyak moisturizer dengan sedikit busa

2. Gunakan pelembab bila perlu

3. Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering

4. Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan

5. Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya

Untuk mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk yang terbaik dilakukan adalah sama sekali menghindari gigitan nyamuk, dengan menggunakan lotion anti nyamuk atau obat anti serangga. Namun bila gigitan nyamuk tak bisa terelakkan, maka sebaiknya Anda menghindari menggaruk daerah yang gatal. Bila didiamkan, maka gatal tidak akan bertahan lama dan perlahan akan menghilang dengan sendirinya.

Bila rasa gatal tersebut bertahan, Anda dapat memberikan kompres hangat yang terfokus pada area gigitan tersebut, misalnya dengan menggunakan sendok logam yang direndam air hangat kemudian segera ditempelkan pada kulit Anda. Selain itu bedak antigatal juga bisa digunakan. Sedangkan obat-obatan hanya dianjurkan bila gatal terasa amat hebat hingga mengganggu aktivitas Anda.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Penanganan Hiperpigmentasi Selangkangan

Gatal Sehabis Mandi

Bekas Gigitan Nyamuk

Penanganan Bekas Luka

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar