Sukses

Suhu Dingin Dengan Nyeri Tulang

21 May 2018, 21:56 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat pagi Dok, Apakah ada efek pasca bedah Ostemyelitis? Saya menjalani bedah Osteomyelitis di tahun 2014. Nah sudah 2 minggu ini saya sering merasa ngilu/nyeri sekali ketika kena suhu dingin dari AC kantor saya. Apakah ngilu/nyeri itu efek dari pasca bedah itu Dok? Salam, Yoppie Aria Pratama

Terima kasih atas pertanyaan Anda tentang nyeri tulang dengan suhu dingin menggunakan fitur Tanya Dokter

Hubungan antara suhu dingin dengan nyeri tulang dan sendi memang belum ada penjelasan sebab akibat yang pasti, namun ada beberapa hipotesis (kemungkinan) hal itu terjadi. Ditambah lagi, banyak pasien terutama dengan radang sendi (misal: osteoarthritis) melaporkan bahwa rasa nyeri meningkat jika saat musim dingin. Beberapa ahli mengatakan bahwa kemungkinan hal ini disebabkan oleh adanya perubahan tekanan barometrik/tekanan atmosfer. Jika tekanan barometrik turun, jaringan dalam tubuh akan meregang dan dapat menekan serabut syaraf, terutama syaraf yang sensitif terhadap rangsang nyeri. Hal ini akan menimbulkan sensasi nyeri. Selain itu, saat suhu dingin, pembuluh darah akan menyempit (vasokonstriksi) terutama di daerah perifer (kaki dan tangan) dan akan menyebabkan aliran darah ke daerah tersebut berkurang.

Selain itu, ada juga beberapa orang yang memang lebih sensiitf terhadap suhu. Asam urat, pada saat fase akut memang dapat menimbulkan nyeri, suhu dingin terbukti dapat memperparah nyeri pada pasien dengan radang sendi. Jika memang rasa ngilu muncul saat Anda berada di ruangan ber-AC, coba naikan suhu AC agar tidak terlalu dingin atau matikan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar