Sukses

Benjolan Leher Pada Orang Tua

21 May 2018, 16:29 WIB
Pria, 65 tahun.

malam dok.. Ayah saya ada benjolan dileher sudah sebesar telur ayam dan sudah beberapa x check up dan minum obat. menurut pemeriksaan terakhir ayah saya ada penyakit kelenjar getah bening. apakah itu harus diambil atau operasi dok?? dan apa resikonya jika dioperasi??

Terimakasih telah bertanya seputar benjolan leher melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Benjolan di leher atau tenggorokan paling sering disebabkan oleh salah satu hal berikut:

  • Pembesaran kelenjar getah bening, yang seringkali disebabkan oleh infeksi. Pembesaran akan berkurang dan menghilang dengan sendirinya ketika infeksi telah sembuh. Namun bisa juga disebabkan oleh tumor.
  • Kista kulit, yaitu benjolan yang berisi cairan, teraba di bawah kulit dan dapat digerakkan. Benjolan ini dapat menghilang sendiri tanpa pengobatan.
  • Kutil kulit.
  • Pembesaran kelenjar tiroid (gondok).

Jika memang dokter katakan ada pembesaran kelenjar getah bening, perlu ditelusuri lebih lanjut ini disebabkan oleh infeksi atau tumor. Kalau infeksi, yang tersering adalah TB kelenjar. Jika tumor, ini disebut dengan limfoma.

Limfoma adalah kanker yang menyerang limfosit atau sel darah putih yang terdapat di dalam kelenjar getah bening.

Penyebabnya adalah faktor keturunan, kelainan sistem kekebalan tubuh, infeksi virus atau bakteri seperti Epstein Barr Virus, HIV, dan pengaruh lingkungan seperti bahan kimia, pengawet dan lainnya. Limfoma terbagi menjadi dua yaitu yaitu Hodgkin's Disease/penyakit Hodgkin (PH) dan Non-Hodgkin Lymphoma/limfoma non Hodgkin (LNH). 

Selengkapnya dapat Anda baca di sini:

Sebaiknya kontrol ulang dengan dokter penyakit dalam, sebaiknya yang ahli hematologi onkologi (SpPD-KHOM) untuk penanganan lebih lanjut. Jika benar tumor maka perlu dilakukan kemoterapi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar benjolan leher. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar