Sukses

Sering Sakit Perut
21 May 2018, 11:06 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok, mau tanya soal penyakit lambung. Adik saya lambungnya sudah luka lumayan lama, umurnya 18. Dia suka makan pedas dan tidak sering makan sayur, dia juga kadang tidak makan nasi selama seharian. Kadang setelah makan makanan pedas/mie tsb, beberapa hari setelahnya perutnya terasa sakit pada malam hari dan lumayan lama terasanya, nafsu makannya juga tidak ada Pertanyaan saya Faktor apa ya dok yg menyebabkan sakit di bagian lambung itu? Yang harus di hindari apa saja? Apa yg harus di lakukan untuk mencegahnya? Dari aktifitas dan makanan yg harus di konsumsi Terima kasih dok

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terimakasih telah bertanya tentang sakit perut kiri atas melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Adakah keluhan lain seperti rasa terbakar atau sering bersendawa yang menyertai sakit perut tersebut? Sakit perut kiri atas biasanya berhubungan dengan gangguan pada lambung, dalam hal ini sakit mag.

Biasanya keluhan sakit, juga disertai rasa mual bahkan muntah atau kembung.

Bagaimana pola makan Anda sehari-hari? Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan:

Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)Usahakan diet mengandung makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) Coba untuk kelola stres dengan baik, alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat mengganggu.Jika keluhan telah sering dialami, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam, ada baiknya dengan konsultan gastroenterohepatologi (SpPD-KGEH).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar sakit perut kiri atas. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar