Sukses

Benjolan Di Payudara Membesar Ketika Haid

21 May 2018, 11:58 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok, usia saya 33 tahun ibu 2 anak. Anak terakhir usia 3 tahun. Saya menyusui selama 1 tahun dengan cara di pompa karna puting susu tidak keluar. Saat ini ada benjolan sebesar biji salak di payudara kiri. Lalu dokter yg periksa saya menyarankan usg mamae. Dari hasil usg tidak terlihat ada kista atau tumor. Kemungkinan mastitis lalu diberi antibiotik untuk 10 hari. Selama minum obat ukuran benjolan mengecil sedikit. Tapi skr saya sedang haid benjolannya membesar lagi dan seperti bertambah ada benjolan lain disebelahnya. Obat antibiotiknya sudah habis. Kira2 itu benjolan apa dok. Dan apa yg harus saya lakukan. Apakah melakukan pemeriksaan lagi? Terimakasih dok.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Benjolan Di Payudara Membesar Ketika Haid.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Benjolan(tumor) pada payudara dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab, mulai dari yang ringan seperti kumpulan lemak, infeksi , penyakit fibrokistik, dan tumor jinak(seperti Fibroadenoma Mammae) hingga yang berat atau ganas seperti kanker payudara.

Pada kasus Anda, dimana timbulnya benjolan dipengaruhi oleh siklus haid maka kami meduga benjolan tersebut merupakan suatu Mammary Displasia. Penyakit fibrokistik(Mammary dysplasia) merupakan kondisi yang ditandai penambahan jaringan fibrous(jaringan ikat) dan glandular(kelenjar). Mammary dysplasia dapat memberikan gejala berupa benjolan yang biasanya multipel, terdapat penebalan, dan rasa nyeri. Pertumbuhannya dipengaruhi oleh hormonal dan terjadi seiring dengan siklus menstruasi. Benjolan ini akan menghilang setelah wanita selesai menstruasi dan dapat kembali terjadi ketika menstruasi datang.

Untuk memastikan hal tersebut, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah umum atau dokter spesialis bedah onkologi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Benjolan Di Payudara Membesar Ketika Haid. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar