Sukses

Hamil Setelah Kuret

20 May 2018, 21:46 WIB
Wanita, 23 tahun.

Siang dok, saya hamil anak pertama mengalami keguguran di usia kandungan 20 minggu. Setelah bayi dan ari-ari keluar secara normal, saya di kuret karena masih ada sisa dirahim saya. Sehari sesudah di kuret tidak ada keluar darah, namun keesokannya saya mengalami pendarahan. Yang ingin saya tanyakan apakah itu darah haid atau bukan? Berapa lama saya mengalami pendarahan tersebut? Lalu kapankah saya bisa merencanakan hamil lagi?

Terimakasih telah bertanya tentang hamil setelah kuret melalui fitur Tanya Dokter.

Kami turut prihatin dan memahami kondisi yang Anda alami. Umumnya setelah satu minggu dari kuretase, darah sudah tidak ada lagi. Jika tidak terjadi komplikasi, umumnya kesuburan akan kembali normal. Jika sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan sudah boleh hamil lagi. Jika seorang dikuret, seorang perempuan akan mulai berovulasi 2 - 3 minggu setelah tindakan kuretase, sehingga sebetulnya dapat segera hamil. Namun, dianjurkan agar ibu menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan mental untuk hamil lagi.

Sebaiknya saat ini Anda memulihkan kondisi fisik dan emosional Anda. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi, selain itu Anda dapat pergi berlibur ataupun melakukan hobi dalam mengisi waktu luang untuk menenangkan pikiran serta mengembalikan semangat serta energi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang hamil setelah kuret . Semoga bermanfaat untuk Anda.

    0 Komentar

    Belum ada komentar