Sukses

Penumpukan Cairan di Paru-Paru pada Penderita TBC

20 May 2018, 20:15 WIB
Wanita, 36 tahun.

Dok saya ada bejolan kecil 1 cm di bawah tulang rusuk kanan dihati. Stelah melakukan biobsi divonis tb hati. Diberikan obat tb baru berjalan 11 bulan dilakukan usg lagi. Benjolan itu masih ada n timbul ada cairan diparu paru kanan masih tahap ringan. Padahal sebelum diberikan obat tb itu paru2 saya bersih dok?,apa yg terjadi dok saya harus bgaimana?

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Cairan di paru-paru atau yang disebut dengan efusi pleura adalah peningkatan cairan yang berakumulasi di rongga pleura (rongga yang meliputi paru-paru). Peningkatan cairan di rongga pleura dapat menyebabnya gangguan pernapasan akibat terganggunya pengembangan paru saat bernapas.

Efusi pleura dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit, diantaranya adalah tuberkulosis, gagal jantung, pneumonia, kanker, dll. Tuberkulosis adalah penyebab efusi pleura terbanyak di negara berkembang seperti Indonesia. Menurut The Journal Chest tahun 2006, Efusi pleura terjadi pada 5% pasien dengan TBC dan jumlah TBC ekstrapulmoner (termasuk efusi pleura) ini ditingkatkan dengan adanya pandemik HIV.

Efusi pleura merupakan penyakit sekunder dari TBC disebabkan karena iritasi dari selaput pleura yang menyebabkan gangguan permeabilitas membran sehingga menurunkan tekanan onkotik yang menyebabkan cairan masuk ke dalam rongga pleura. Jadi efusi pleura memang dapat berhubungan dengan penyakit Tuberkulosis. Hal ini dapat terjadi akibat pengobatan TBC yang tidak adekuat maupun imunitas penderita yang menurun. Kami sarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis paru agar dilakukan pemeriksaan lanjut dan diberikan penanganan yang terbaik bagi anda.

Sekian, semoga bermanfaat. 

Terima kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar