Sukses

Anak 4 Bulan Belum Bisa Menegakkan Kepala Dan Tengkurap
20 Mei 2018, 15:05 WIB
Wanita, 26 tahun.

Malam dok, saya mau tanya., 4 bulan yg lalu saya melahirkan anak pertama saya di kehamilan 34 Minggu..anak saya terpaksa dikeluarkan karena saya mengalami inveksi..setelah anak saya lahir dia masuk ruangan NICU dikarenakan terlalu banyak meminum sedarah putih saya sehingga nafas nya sesak dan lambung nya kotor..yang ingin saya tanyakan anak saya sudah 4 bulan tapi bekum bisa menegakkan kepala dengan kuat dan belum bisa tengkurap ..apakah ini pengaruh karna anak saya prematur

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Anak 4 Bulan Belum Bisa Menegakkan Kepala Dan Tengkurap.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Berdasarkan grafik pertumbuhan dan perkembangan anak seperti yang tercantum dalam Kartu Menuju Sehat (KMS), seorang anak mulai belajar mengangkat kepala dengan tegak pada posisi telungkup pada usia 3-6 bulan.

Pada rentang usia 3-6 bulan, seorang anak pada umumnya sudah mampu melakukan:

  • Berbalik dari telungkup ke telentang
  • Mengangkat kepala setinggi 90º
  • Mempertahankan posisi kepala tetap tegak dan stabil
  • Menggenggam pensil
  • Meraih benda yang ada di dalam jangkauannya
  • Memegang tangannya sendiri
  • Berusaha memperluas pandangan
  • Mengarahkan matanya pada benda-benda kecil
  • Mengeluarkan suara gembira bernada tinggi atau memekik
  • Tersenyum ketika melihat mainan / gambar yang menarik saat bermain sendiri. 

Bagaimana dengan anak Anda? Apakah hal-hal lainnya sudah bisa ia lakukan? Jika belum juga bisa mengangkat kepala dan tengkurap sedangkan hal-hal lain ada yang sudah dicapai maka masalahnya merupakan kurangnya stimulasi.

Jadi saat ini yang perlu Anda lakukan adalah memberikan stimulasi yang sesuai agar anak Anda mau belajar untuk menegakkan kepalanya, misal dengan meletakkannya dalam posisi telungkup kemudian memberikan stimulasi mainan di hadapannya dengan posisi agar anak dapat belajar mengangkat kepalanya. Apakah anak Anda mau menegakkan kepalanya setelah distimulasi?

Bayi prematur adalah bayi yang lahir pada umur kehamilan kurang dari 37 minggu, dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir dan berat kurang dari 2500 gram.

Bayi yang dilahirkan prematur belum mempunyai alat-alat tubuh yang sempurna seperti bayi cukup bulan, sehingga akan mengalami lebih banyak kesulitan untuk hidup diluar kandungan ibunya.

Bicara mengenai tumbuh kembang anak, organ yang paling penting pada manusia adalah otak, sebagai pusat koordinasi aktivitas hidup. Laju pertumbuhan otak paling cepat adalah antara minggu ke 15 dalam kehamilan sampai 2 tahun setelah lahir.

Pada tahap pesat tumbuh kembang, otak sangat peka terhadap gangguan. Setiap gangguan dapat menyebabkan perubahan yang menetap pada struktur dan fungsi otak.

Bayi prematur belum mempunyaii alat-alat tubuh sempurna seperti bayi cukup bulan. Semakin muda umur kehamilan, kematangan organ-organ tubuh makin belum sempurna. Beberapa gangguan tumbuh-kembang anak akibat prematuritas organ-organ tubuh pada bayi prematur adalah;

Imaturitas sistem saraf pusatImaturitas metabolisme bilirubinImaturitas Paru-paruImaturitas saluran cernagangguan imunologi atau daya tahan tubuh, dll

Kelahiran prematur disamping merupakan salah-satu penyebab tingginya resiko kesakitan dan kematian bayi baru lahir, juga berhubungan dengan gangguan pertumbuhan dan perkembangan Anak. Bayi prematur memiliki kecenderungan mengalami gangguan pertumbuhan, dan juga perkembangan.

Namun, anda tidak perlu khawatir, Jika bayi yang lahir prematur tersebut tidak mengalami masalah kesehatan pada saat lahir, bayi dan masa pertumbuhan maka pada saat dewasa tidak ada masalah kesehatan tertentu yang dapat mengganggu. Selama masa pertumbuhan dan perkembangan bayi berjalan dengan baik maka tidak ada masalah yang perlu dikhawatirkan.

Bila terdapat gangguan pada tumbuh kembang anak anda, silahkan periksakan ke dokter spesialis Anak, untuk melihat tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak Anda saat ini. Dan bila telah terjadi keterlambatan, seperti yang Anda khawatirkan, dokter spesialis Anak dapat memberikan solusi langkah apa yang harus Anda lakukan untuk mengejar keterlambatan tersebut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Anak 4 Bulan Belum Bisa Menegakkan Kepala Dan Tengkurap. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar