Sukses

Solusi Gigi Goyang Dan Akar Gigi Terlihat

20 May 2018, 14:02 WIB
Pria, 38 tahun.

gigi rahang kanan atas terlihat akar dan goyang ...solusinya..

Terimakasih telah bertanya seputar solusi gigi goyang dan akar gigi terlihat melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, sepertinya telah terjadi kerusakan tulang yang cukup berat pada gigi tersebut. Bagaimana dengan kondisi giginya apakah berlubang? Apakah ada pembengkakan pada gusi di daerah gigi yang bersangkutan? Apakah ada penumpukan karang gigi?

Penyebab utama kegoyangan gigi pada orang dewasa adalah akibat periodontitis, yaitu penyakit pada jaringan periodontal (meliputi gusi dan tulang). Biasanya diakibatkan karang gigi yang menumpuk dan tidak dibersihkan, dan menjadi sarang bakteri hingga akhirnya merusak tulang dan gigi menjadi goyang.

Sebisa mungkin gigi tersebut dipertahankan. Jika memang betul terdapat akumulasi karang gigi, maka dilakukan pembersihan karang gigi, penghalusan akar, dan jika disertai poket yang dalam maka dilakukan kuretase pada gusi untuk membersihkan jaringan yang mati. Gigi yang goyang dilakukan "splinting", yaitu gigi yang goyang distabilkan dengan mengikat gigi tersebut ke gigi sebelahnya yang kondisinya baik (tidak goyang). Teknologi splinting yang terbaru menggunakan bahan fiber. 

Namun sebelum melakukan Splinting perlu dilakukan rontgen foto dahulu untuk melihat seberapa besar kerusakan tulang. Bila kerusakan tulang sangat besar maka tindakan splinting kemungkinan hanya akan bertahan tidak lama apalagi jika kesehatan jaringan sekitarnya tidak dirawat dengan intensif.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai solusi gigi goyang dan akar gigi terlihat , semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar