Sukses

Mata Minus
20 May 2018, 12:03 WIB
Wanita, 16 tahun.

Pagi dokter. Saya ingin tanya ,saya minus 4 lha itu pas gk pakai kacamata melihat jarak jauh kok buram .emang di dalam mata ada apanya apakah bisa sembuh nantinya .emang kacamatanya dipakai terus bisa turun minusnya

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter.

Mata minus atau rabun jauh membuat penderitanya hanya dapat melihat jelas hingga jarak tertentu tanpa kaca mata. Minus 4 hanya dapat melihat hingga 25 cm tanpa mata berakomodasi, dimana orang normal dapat melihat hingga jarak tak terhingga. Mata minus dapat terjadi karena kelainan pada kornea atau lensa, atau karena pemanjangan aksis bola mata.

Untuk mencegah penambahan minus, sebaiknya pasien juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca minimal 30 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer, serta makan makanan yang banyak mengandung vitamin A. Kaca mata juga harus selalu dipakai untuk mencegah minusnya bertambah.

Sedangkan satu-satunya cara untuk mengurangi minus adalah dengan tindakan medis adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratektomi fotorefraktif, Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK), atau SMILE. Silakan kunjungi dokter spesialis mata untuk menentukan jenis bedah refraktif yang sesuai untuk Anda bila Anda menginginkan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar