Sukses

Asupan Gizi Ibu Hamil

19 May 2018, 15:27 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dokter saya mau tanya, Saya bru hamil 5 minggu, makanan paling tepat untuk memenuhi asupan gizi di usia kehamilan saya ini apa saja ya dok??

Terima kasih telah bertanya seputar Asupan Gizi Ibu Hamil menggunakan fitur Tanya Dokter

Selamat atas kehamilan Anda! 

Sebagai acuan, enam bulan pertama kehamilan (trimester pertama dan trimester kedua kehamilan), kebutuhan kalori yang dibutuhkan adalah sekitar 2000 kalori. Sedangkan selama tiga bulan terakhir kehamilan (trimester ketiga kehamilan), seorang wanita hamil akan membutuhkan kalori tambahan sekitar 200 kalori per hari, menjadi sekitar 2.200 kalori per hari.

Rekomendasi nilai kalori tersebut didasarkan pada ukuran rata-rata setiap orang. Namun, untuk menentukan jumlah kalori yang sebenarnya dibutuhkan pada setiap wanita hamil ditentukan oleh faktor-faktor seperti berat badan, aktivitas, dan jenis kehamilan kembar atau tidak.

Selain pemenuhan nutrisi melalui kalori, jenis asupan juga harus diperhatikan. Yang terpenting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi janin dan ibu hamil adalah melalui makanan yang dimakan oleh ibu. Suplemen hanyalah tambahan. 

Zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil antara lain: 

1. Makanan dengan kalori tinggi. Setiap wanita hamil membutuhkan peningkatan sekitar 300 kalori/hari. 

2. Protein. Ibu hamil membutuhkan sekitar 75 gram protein/hari. Peningkatan kebutuhan kalori ini dapat dipenuhi dengan meningkatkan makanan yang kaya akan protein hewani dan nabati, seperti daging, ikan, telur, susu, keju, kacang-kacangan, tempe, tahu, dll 

3. Asam folat. Ibu hamil membutuhkan 800 mcg folat/hari. Asupan asam folat ini dapat diperoleh dari suplementasi asam folat atau dari sayuran berwarna hijau seperti bayam, asparagus, jus jeruk, buncis, kacang-kacangan, roti gandum, dll. Asupan asam folat ini penting untuk mencegah cacat pada otak dan tulang belakang janin.

 4. Zat besi. Ibu hamil membutuhkan sekitar 27 mg zat besi/hari. Asupan zat besi ini dapat diperoleh dari suplemen, ataupun dari daging merah, ikan, unggas, kacang-kacangan, dll.

5. Zinc. Ibu hamil dengan kadar zinc yang rendah dalam makanannya berisiko untuk melahirkan bayi prematur dan bayi dengan berat lahir rendah. Zinc dapat ditemukan secara alami pada daging merah, gandum utuh, kacang-kacangan, polong-polongan, dan lainnya.

 6. Kalsium. Kebutuhan kalasium ibu hamil adalah sekitar 1000 mg/hari. Kalsium ini dapat diperoleh dari susu, keju, yogurt, dll.

7. Vitamin. Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin dengan dosis: 

Vitamin A : 770 mcg/hari

Vitamin B : 1,4 mg/hari

Vitamin C : 85 mg/hari

Vitamin D : 5 mcg/hari

Vitamin E : 15 mg/hari

Untuk mendapat penjelasan yang lebih detail untuk kondisi Anda saat ini, kami sarankan juga untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis gizi agar Anda dapat mendapat penanganan yang tepat.

 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai asupan sehat bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar