Sukses

Berhubungan Intim Setelah Robekan Jalan Lahir
18 Mei 2018, 19:54 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok perineum saya sobek setelah melahirkan (normal vacum) anak pertama pada bulan desember dan sampai sekarang blm operasi ulang untuk dijahit lg, apakah bisa saya tetap berhubungan intim dengan suami saya dan apakah akan mempegaruhi pada vagina dan perineum? Terimakasih dok.

Terima kasih telah bertanya tentang hubungan intim setelah robekan jalan lahir melalui fitur Tanya Dokter. 

Yang dikhawatirkan terjadi setelah robekan jalan lahir adalah perdarahan saat hubungan intim. Keluhan darah keluar setelah berhubungan dalam istilah medis dikenal dengan nama post coital bleeding. Perdarahan setelah berhubungan seksual atau Postcoital Bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan. Perdarahan pasca berhubungan seksual juga dapat terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina), terutama bila wanita masih belum penuh terangsang dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet.

Apabila perdarahan yang timbul hanya sedikit dan tidak berlanjut, Anda tidak perlu merasa khawatir karena mungkin perdarahan tersebut timbul akibat robekan pada vagina (misal karena kekeringan, kondom, gesekan kuat, kuku jari, dsb). Namun lebih baik sementara ini Anda tidak melakukan hubungan seksual, mengingat bakteri vagina dapat menginfeksi luka tersebut.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar