Sukses

BAB Bayi Baru Lahir
18 Mei 2018, 19:49 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat malam dokter. Dok, ketika bayi yang masih berumur 0 bulan BAB nya air lalu ibunya mnm obat diapet supaya mengurangi agar bayinya tidak BAB lg itu boleh atau tidak ?? Dan setelah minum obat tersebut asi ibunya jadi tidak lancar itu juga disebabkan oleh apa ya dok ???

Terima kasih sudah bertanya mengenai BAB baru lahir, melalui fitur Tanya Dokter

Selamat atas kelahiran anak Anda

Sebelumnya perlu diketahui bahwa makanan bayi hanya berasal dari ASI yang berupa cairan. Jadi memang normal bila BAB bayi bersifat encer. Semakin sering bayi minum ASI maka BAB akan semakin sering. Pada saat baru lahir maka bayi akan mengeluarkan BAB pertama yang berwarna kehijauan, disebut mekonium. Perlahan-lahan warna BAB akan berubah menjadi kuning. Normalnya bayi BAB sekitar 6-8 kali per hari. Kondisi yang dialami bayi Anda bisa saja normal. 

Hal yang perlu menjadi tanda waspada diantaranya adalah

  • Bayi tidak kunjung BAB bila usia sudah lebih 1 hari
  • BAB bayi berdarah
  • BAB bayi berwarna dempul
  • Perut bayi menggembung sehingga tampak gambaran seperti usus
  • Berat bayi tidak kunjung bertambah
  • Selalu keluar air ludah dari mulut bayi

Produksi ASI sangat dipengaruhi kondisi psikis si ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI akan berlimpah. Kemungkinan hanya 1 dari 1000 wanita yang benar-benar tidak dapat menyusui.

Saat pemberian ASI, hisapan bayi dapat merangsang produksi hormon prolaktin (hormon yang dapat merangsang pengeluaran ASI). Sedangkan jumlah prolaktin yang diproduksi akan tergantung dari frekuensi dan intensitas hisapan bayi anda.

Atas dasar itu, pemberian susu formula atau air gula secara berkelanjutan tentunya dapat mengganggu atau bahkan menghentikan produksi ASI, karena bayi tidak lagi menghisap payudara ibu. Untuk itu, jangan putus asa untuk terus memberikan ASI pada bayi Anda, sodorkan ASI setiap kali bayi menangis dan usahakan untuk terus menawarkan ASI pada bayi Anda.

Salah satu faktur yang mengganggu pengeluaran ASI adalah posisi bayi yang tidak "latch on". Latih menyusui sambil duduk dengan kaki menggantung. Topang anak Anda tegak lurus dengan lokasi puting. Pastikan sebagian besar areola (bagian hitam dipinggir puting) masuk ke mulut bayi.

Demikian infromasi mengenai BAB bayi baru lahir. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar