Sukses

Batuk Berdahak 1 Minggu
18 Mei 2018, 19:41 WIB
Wanita, 32 tahun.

Slmt mlm dok... saya mau nanya nih.. suami saya satu minggu ini batuk... ada dahak.. tidak sakit dada tapi lehernya gatal... dia punya riwayat bronkhitis.. kira2 sakit apa yach skrng dari gejala2 tadi... adakah obat alami?salam

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Pada batuk berdahak, dapat disebabkan oleh berbagai hal, baik infeksi virus maupun bakteri. Kuman-kuman tersebut menyerang organ paru sehingga merangsang paru untuk batuk. Dahak yang tidak dikeluarkan akan terus merangsang reseptor batuk di saluran napas. Karena itu, pengobatan batuk berdahak dilakukan untuk mengeluarkan dahaknya. Pengeluaran dahak dapat dibantu dengan menggunakan obat batuk yang mengandung mukolitik ataupun ekspektoran. Mukolitik berfungsi untuk memecahkan lendir yang kental sehingga lebih mudah dikeluarkan. Sementara ekspektoran berfungsi merangsang batuk agar dapat mengeluarkan dahak. Obat untuk batu berdahak, biasanya  mengandung Ambroxol Hydrocloride atau Bromhexine Hydrocloride atau Dextrometorphan atau Gliserine Guaiacolsulfate. 

Namun obat-obatan tersebut tentunya dikonsumsi sesuai dengan petunjuk dokter. Yang dapat Anda lakukan dirumah ialah, banyak konsumsi air putih hangat, berolah raga cukup, kurangi konsumsi makanan berminyak serta hindari minum-minuman dingin.

Namun saran Kami ialah, bila batuk Anda  tidak juga sembuh setelah 2 minggu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar