Sukses

Penyebab Luka Lecet Anus
18 Mei 2018, 18:26 WIB
Wanita, 24 tahun.

Hallo dok. Saya mengalami lecet pada daerah anus. Lecet nya seperti luka sariawan namun bentukny tidak beraturan. Sudah hampir 5bulan tidak sembuh, padahal sudah saya periksakan pada dokter kulit kelamin dan dokter umum, sudah beberapa kali kontrol namun tidak ada kemajuan. Setelah saya berhenti mengkonsumsi obat. Luka yang sama terjadi pada mulut dan tenggorokan, pada awalnya saya pikir hanya sariawan biasa. Sudah sebulan tidak sembuh dan lukanya melebar. Lanjut pada bagian telapak tangan, kaki dan di dkt bibir muncul bulatan2 merah yg mengering jika kulitnya mengelupas sangat perih. Kira2 penyebab dan cara mengobatinya seperti apa ya dok? Saya sudah buntu untuk melakukan pengobatan seperti apa agar bs sembuh

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Untuk luka yang Anda jelaskan kemungkinan besar terdapat luka pada anus Anda. Luka ini sering disebut sebagai Fisura Ani. Fisura ani merupakan suatu robekan atau luka pada daerah anus yang berbatasan dengan kulit. Pada daerah tersebut terdapat banyak saraf sensorik, sehingga adanya luka di daerah tersebut akan menimbulkan rasa sakit. Fisura ani biasanya dipicu oleh adanya feses yang keras dan besar saat buang air besar yang menyebabkan anus dipaksa untuk meregang saat buang air besar sehingga timbulah cedera pada daerah anus tersebut.

Kami mohon maaf karena tidak bisa memberikan resep obat lewat media ini, sebab bagaimanapun pemberian obat harus didahului dengan pemeriksaan secara langsung. Kami sarankan agar Anda konsultasi ke dokter umum atau bedah untuk melihat luka baru Anda. Kami sarankan juga agar Anda slelau mengkonsumsi makanan dengan serat yang tinggi, konsumsi banyak sayuran dan buah serta air putih, agar tidak lagi mengalami BAB keras.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar