Sukses

Janin Belum Terlihat
18 Mei 2018, 18:11 WIB
Wanita, 27 tahun.

Permisi Dok saya mau bertanya usia kehamilan saya 8minggu tetapi setelah di usg rahim bersih tidak ada janin.dokter menyarankan usg sebulan lagi.tapi yang anehnya saya tidak flek kalau memang ternyata BO

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terima kasih karena Anda telah bertanya tentang hamil 8 minggu namun belum terlihat janin menggunakan fasilitas Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan, oleh karena itu ijinkan kami menambah wawasan Anda. Kondisi yang sering mendasari keadaan hamil 8 minggu namun janin belum terlihat adalah blighted ovum. "blighted ovum" merupakan suatu kelainan dalam kehamilan di mana kantong kehamilan tumbuh tanpa disertai pertumbuhan janin, sehingga hanya kantong kehamilannya yang tumbuh.

Blighted ovum dapat disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak sempurna atau kualitas sel telur dan/atau sel sperma yang tidak bagus. Tubuh Ibu akan mengenali kromosom abnormal yang tumbuh dan secara alami akan berusaha untuk menghentikan kehamilan karena janin tidak akan tumbuh menjadi bayi yang normal dan sehat. Sayangnya blighted ovum tidak dapat dicegah, meski demikian, umumnya blighted ovum hanya akan terjadi satu kali pada ibu hamil.

Biasanya diagnosa blighted ovum sudah ditegakkan pada kehamilan trimester 1 dan baru diketahui setelah melakukan pemeriksaan USG trnsvaginal pada kehamilan 6-7 minggu, karena pada saat itu kehamilan sudah agak besar 16 mm sehingga seharusnya terlihat lebih jelas. Untuk menegakkan diagnosis blighted ovum perlu dilakukan pemeriksaan USG yang berulang untuk benar-benar memastikan bahwa tidak ada pertumbuhan janin di dalam kantong kehamilan, sehingga Dokter Kebidanan Anda tidak sampai salah diagnosis. Apabila setelah di USG transvaginal ulang, kantung kehamilan Anda kosong tidak berisi janin maka Anda akan dianjurkan untuk dilakukan kuret untuk membersihkannya. Adapun kehamilan berikutnya sebaiknya ditunda selama 2-3 siklus menstruasi untuk menyempurnakan proses penyembuhan rahim setelah tindakan kuretase.

Umumnya blighted ovum hanya terjadi sekali. Disarankan untuk menunggu 1-3 siklus menstruasi sebelum mencoba untuk hamil lagi. Untuk siklus haid, biasanya, akan kembali lagi seperti normal. Kami sarankan Anda terus berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda untuk pemeriksaan kontrol dan pemantauan kondisi Anda.

Demikan penjelasan yang dapat kami berikan seputar hamil 8minggu namun janin belum terlihat. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar