Sukses

Penyebab Bintik Kulit Kaki yang Kasar
18 Mei 2018, 17:18 WIB
Wanita, 21 tahun.

Didaerah sekitar mata kaki ada bintik-bintik kasar banyak sekali dan sering terasa gatal, bahkan terkadang terasa sakit. Apalagi kalau terkena gesekan kain celana. Sudah terasa selama satu tahun ini, semenjak mengalami lecet karena kecelakaan di area tersebut. Terkadang juga terasa panas di area tersebut.

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya seputar bintik-bintik kulit kaki kering melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Perlu diketahui bahwa bintik-bintik hitam hanya merupakan salah satu gejala dari berbagai macam diagnosa, yang harus dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik dan penunjang secara langsung. Sayang sekali kami memiliki kesulitan untuk melakukan pemeriksaan fisik, karena sebenarnya untuk kelainan kulit, adalah penting untuk melakukan pemeriksaan dengan melihat langsung.

Mencegah agar kulit tidak menjadi kering selalu lebih baik dari mengobati. Namun bila kulit terlanjur kering hingga mengelupas, lakukan langkah-langkah berikut ini:

Cukupi hidrasi tubuh.Ketika mandi, gunakan sabun yang mengandung pelembap (moisturizer) terutama pada kaki.Periksa area kaki secara rutin. Bila terdapat kulit yang mengelupas, lembapkan 2-3 kali sehari. Bila terdapat kulit yang menebal, gosok area tersebut dengan batu apung secara lembut untuk membantu pengelupasan sel kulit yang mati dan keras, kemudian oleskan pelembap.

Oleskan krim pelembap pada daerah yang kering secara rutin, setelah mengeringkan kaki.Beberapa jenis pelembap kaki juga mengandung zat yang dapat menjaga keseimbangan cairan dalam sel kulit seperti urea dan saccharideisomerate.

Gunakan alas kaki yang lembut dan nyaman.

Apabila pemicu kulit mengelupas adalah akibat iritasi kronik dengan bahan kimia seperti detergen, maka lindungi kulit dari kontak dengan zat tersebut.

Apabila langkah di atas sudah dilakukan di rumah namun tidak didapatkan perbaikan, keluhan semakin memberat, atau terdapat luka, kunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin agar Anda memperoleh penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai bintik-bintik hitam dan kulit kaki kering. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar