Sukses

Kegunaan Treadmill Test
18 Mei 2018, 16:23 WIB
Pria, 58 tahun.

Dok, saya punya penyakit Hypertensi & selalu kontrol setiap bulan namun sudah 2bulan ini dada kiri saya sering terasa sesak padahal tidak sedang beraktifitas. Kemudian saya disuruh melakukan cek Lab & Radiologi, hasilnya bagus semua lalu saya dirujuk ke dokter Jantung untuk melakukan Rekam & Echo Jantung, namun dokter jantung mengatakan tidak ada kelainan dijantung saya... Yang saya heran mengapa hampir setiap hari saya masih terasa sesak? kira2 ada penyakit apa di diri saya ini? Mohon penjelasannya Dok, berikut hasil dari Echo : Dimensi Ruang Jantung Normal Fungsi Sistolik LV Baik LV Global Normokinetik Fungsi Diastolik LV Baik Kontraktilitas RV Cukup MR Mild, TR Mild Oh iyaa Dok, saya disarankan untuk Treadmill Jantung untuk pemeriksaan lebih lanjut. Mohon penjelasannya dok dari hasil Echo Jantung saya itu. Terima kasih

dr. Alvin Nursalim

Dijawab Oleh:

dr. Alvin Nursalim

Terimakasih telah bertanya seputar hasil treadmill test melalui fitur Tanya Dokter.

Treadmill test merupakan uji untuk melihat fungsi jantung pada saat diberikan 'stress' berupa aktivitas fisik yang intensitasnya ditingkatkan secara perlahan (per 3 menit). Dari uji ini bisa dilihat bagaimana respon jantung, apakah peningkatan tekanan darah dan laju jantung normal seiring dengan intensitas aktivitas fisik yang semakin meningkat. Selain itu, juga bisa dilihat apakah ada tanda-tanda penyempitan pembuluh darah jantung saat beraktivitas.

Hasil treadmill test Anda secara keseluruhan masih belum dapat disimpulkan (inconclusive) oleh karena pemeriksaan berhenti karena Anda mengalami pusing/rasa melayang (dizziness). Umumnya, treadmill test dihentikan ketika target laju jantung telah tercapai atau sudah kelelahan. Pada kasus Anda, selain karena pusing, treadmill test juga dihentikan karena terdapat respon hipertensi (170/80). Bila dilanjutkan, ini  akan membahayakan. Oleh karena itu pada hasil kesimpulan Anda diminta untuk menjalani screening CAD (coronary artery disease), yaitu pemeriksaan untuk melihat apakah ada tanda-tanda penyumbatan arteri jantung koroner. 

Usia dan jenis kelamin Anda berisiko untuk mengalami penyakit jantung koroner. Apakah Anda sendiri telah mengalami hipertensi sebelumnya atau diabetes? Bila salah satu atau kedua faktor ini ada, maka Anda lebih berisiko mengalami penyakit jantung koroner.

Biasanya, hasil treadmill test seperti ini akan dilanjutkan dengan pemeriksaan CT angiographyuntuk melihat tanda-tanda sumbatan arteri jantung koroner.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung terkait hasil treadmill ini. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar interpretasi hasil treadmill test. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar