Sukses

Penyebab Sulit Hamil
18 Mei 2018, 16:16 WIB
Pria, 24 tahun.

mikum dokk sy 5 thn yg lalu mrngalami pengangkatan oprasi kista trus indung telur sbelah kanan sy di angkat dn mungkin tinggal sbrlah kiri tp dokter kandungan bilang waktu sy oprasi katnya terkrna prlengketan penyumbatan..dn kemungkinan ragak susah dapat keturunan dokter bilang dr oprasi itu paling kemungkinan bisa mengandung nunggu 3thn nan.. Tp skarang udh 4thn belum jg bisa mengandung..tp 3thn yg lalu pernah jeda hampir setahun tidak mensrtuasi..tp lancar kembali

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya tentang penyebab sulit hamil menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kemungkinan hamil dengan adanya kista di indung telur (ovarium) tergantung pada jenis kista yang Anda alami.

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak diperlukan terapi apapun.

Terapi pembedahan baru dipertimbangkan pada kista berukuran > 6cm dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Selain itu, tindakan operasi juga dapat dilakukan apabila timbul keluhan nyeri. Cara lainnya adalah dengan menggunakan pil kontrasepsi untuk mengurangi kemungkinan timbulnya kista baru. Untuk penanganan yang tepat bagi anda sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan.

Apakah masih bisa hamil?

Beberapa jenis kista ovarium memang dapat mengganggu kesuburan, namun tidak selalu terjadi dan sebagian besar jenis kista ovarium tidak menyebabkan gangguan kesuburan (masih bisa hamil). Terdapat beberapa jenis kista ovarium yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan. Antara lain:

Kista endometriosis

PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

Perlu dipastikan jenis kista, ukuran kista, dan kondisi organ reproduksi Anda yang lainnya untuk menilai kemungkinan hamil. Sebaiknya konsultasikan masalah Anda dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk penilaian dan terapi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar