Sukses

Gigi Patah Dan Ngilu Apakah Bisa Langsung Ditambal permanen
18 Mei 2018, 12:35 WIB
Pria, 27 tahun.

Siang Dok, saya ingin bertanya dengan kondisi gigi saya sbb : 1. Gigi taring sebelah kiri saya tumbuh kecil (tdk sama dengan yg lain ukurannya) dan tidak tumbuh pada posisi gusi seharusnya namun secara estetika masih bagus karena sejajar 2. Saya ke dokter gigi untuk memperbesar ukurannya agar sama dengan yang lain dan ditambal 3. Setelah beberapa bulan, tambalan tersebut tiba-tiba patah dan gigi asli saya sebagian ikut terbawa 4. Gigi /gusi tsb terasa ngilu ketika kena air panas/dingin. 5. Saya datang ke dokter gigi yang berbeda dan disarankan melakukan perawatan saluran akar, mematikan syaraf, pasang pasak dan mahkota. Pertanyaannya : 1. Kenapa ya dok, gigi yang baik-baik saja setelah tambalan hancur malah jadi ngilu terkena panas atau dingin..? 2. PSA prosedurnya seperti apa ya..? apa akan terasa sakit saat melakukan perawatan..? dan apakah hal tersebut normal..? 3. Saya termasuk orang yang parno jika memasukkan benda asing ke tubuh (seperti pasak). Apakah pasak tersebut ada efek samping negatifnya dan bertahan berapa lama ya dok..? 4. Mematikan syaraf gigi apa ada efek negatifnya..? sebab katanya akan membuat gigi menghitam..? 5. Apakah ada alternatif lain..? sebab pada saat gigi saya ditambal sementara sama sekali tak merasa ngilu jika terkena air dingin/ panas. Langsung ditambal permanen saja bisa tidak setelah dibersihkan..? Saya harap dokter berkenan menjawabnya. Terima Kasih.

Terimakasih telah bertanya seputar gigi patah dan ngilu apakah bisa langsung ditambal permanen melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, penting sekali untuk mengetahui kondisi gigi anda ketika patah untuk menentukan rencana perawatan selanjutnya. Jika dilihat dari gejalanya ngilu kena air panas/dingin maka dugaan kami patahnya sudah mencapai lapisan dentin. Biasanya gigi dengan kondisi ini masih bisa dilakukan perawatan pulp caping lalu 2 minggu kemudian bisa ditambal permanen bila gigi tidak sakit dan tidak bengkak dan bisa dipakai untuk makan. 

Tapi jika dalam 2 minggu gigi terasa sakit maka perlu dilakukan perawatan lanjutan yaitu perawatan saluran akar gigi. Setelah selesai perawatan saluran akar gigi, maka perlu dilihat lagi kondisi sisa jaringan mahkotanya. Jika mahkota patah masih bersisa 2/3 mahkota maka masih bisa dilakukan penambalan atau direct veneer. Namun jika sisa mahkota gigi kurang dari setengah atau hanya 1/3 mahkota maka perlu dilakukan pemasangan pasak. Teknologi pasak gigi terbaru adalah yang menggunakan fiber, keuntungannya berwarna transparan, jadi untuk gigi depan tidak berbayang warna logam, seperti desain pasak yang lama. Lebih lentur jadi bisa disesuaikan dengan bentuk saluran akar, tidak mudah lepas dari saluran akarnya. Setelah itu gigi bisa dibuatkan crown, dengan bahan ceramic atau porselen yang bagus estetiknya untuk gigi depan.

Sebaiknya diskusikan lagi dengan dokter gigi anda mengenai pemilihan rencana perawatan, disarankan ke dokter gigi spesialis konservasi gigi dan dokter gigi spesialis prostodonsi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi patah dan ngilu apakah bisa langsung ditambal permanen, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar