Sukses

Penyebab Kulit Kepala Mengelupas
18 Mei 2018, 13:13 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok tolong bantu saya. Kulit kepala saya memerah dan mengelupas. Menumpuk, dan jika di kelupas gatal. Ini sudah 1 tahun. Saya coba pakai shampo ketomed& salep nya. Tetap tak ada angsuran. Sekarang kepala saya plontos . Saya merasa putus asa. Dan ga tau lagi mau gmn

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai kulit kepala mengelupas melalui fitur Tanya Dokter. 

Dalam keadaan normal, lapisan epidermis atau lepisan kulit terluar dari kulit kepala akan berganti secara rutin. Pada kebanyakan orang, pengelupasan kulit kepala atau penggantian lapisan epidermis ini tidak terlihat. Namun terdapat beberapa kondisi turnover sel atau pergantian sel tidak seperti biasanya dan terjadi sangat cepat. Untuk orang dengan ketombe, pergantian sel berlangsung dalam 2-7 hari, sementara bagi orang normal pergantian sel membutuhkan waktu 1 bulan. Apakah pada kulit kepala Anda terdapat serpihan- serpihan putih halus seperti ketombe? Jika iya, pengelupasan pada kulit kepala bisa jadi karena ketomber tersebut.

Ketombe dapat disebabkan oleh kulit kepala berminyak dan hasil produk dari jamur. Kulit kepala Anda terasa perih dikarenakan Anda menggaruk terlalu keras sehingga terjadi perlukaan di kulit kepala. Sebaiknya Anda mencoba sampo untuk ketombe seperti selenium sulfid (selsun) atau sampo yang mengandung ketokonazol. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 2-5 menit, setelah itu bilas. Apabila dengan pengobatan tersebut kulit kepala masih juga mengelupas, saya sarankan sebaiknya Anda melakukan konsultasi langsung ke dokter kulit. Selain ketombe, pengelupasan kulit kepala juga bisa disebabkan oleh kondisi medis yang disebut psoriasis. Pada psoriasis, terapi yang dilakukan harus lebih mendalam dan intensif.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat dan Anda segera sembuh.

    0 Komentar

    Belum ada komentar