Sukses

Nyeri pinggul Sulit Berjalan
18 Mei 2018, 10:50 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dok.. saya mengalami cidera tulang belakang 5th lalu. Dan ini kambuh lagi, sekarang usia saya 20th.. saya periksakan ternyata saraf tulang belakag. Kali ini sampai saya tidak dapat berjalan. Kaki dan tangan saya ikut sakit... apakah dokter memiliki saran untuk dapat meredakan rasa sakit di kaki agar saya dapat berjalan dengan normal? Apakah saat cuaca dingin mempengaruhi juga dok? Sebelumnya terimakasih dok 😊

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Pengobatan untuk saraf terjepit atau HNP dibagi menjadi tiga, seperti:

Obat-obatanObat antinyeri: jika derajat nyeri masih ringan, Anda dapat membeli obat antinyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen.

Opioid: jika derajat nyeri berat, dokter biasanya akan memberikan obat antinyeri golongan opioid. Efek samping yang dapat muncul berupa mual, muntah, dan konstipasi. Obat ini hanya bisa dibeli dengan resep dokter dan harus di bawah pengawasan dokter.

Pereda nyeri saraf: obat ini merupakan obat kedua yang rutin diberikan untuk penderita HNP setelah antinyeri. Contohnya amitriptilin dan gabapentin.

Muscle relaxant: obat ini diberikan untuk mengurangi ketegangan atau kaku otot.

Suntik steroid: obat ini disuntikkan pada bagian saraf yang terkena sebagai obat antiradang.

FisioterapiBeberapa jenis terapi yang dapat dilakukan, yaitu:Transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS)Menggunakan energi listrik untuk merangsang sistem saraf melalui permukaan kulit untuk menghilangkan nyeri.

TraksiMenggunakan benda dengan berat tertentu untuk menangani kerusakan atau gangguan pada tulang dan otot.

Penggunaan korset atau brace.OperasiTindakan operasi dilakukan untuk mengurangi penekanan pada saraf. Indikasinya berupa:Tidak ada perubahan setelah 6 minggu pemberian terapi obat dan fisioterapi.

Muncul gejala berupa kelemahan bagian tubuh tertentu, gangguan sensorik, kesulitan bergerak, tidak bisa mengontrol buang air kecil atau buang air besar.Penanganan HNP yang dapat dilakukan di rumah adalah:

Istirahat. Tidur di lantai atau di atas kasur yang berlapis papan di bawahnya supaya kasur tidak melengkung. Jika tetap ingin tidur di atas kasur, tambahkan bantal di bawah kepala dan di bawah lutut, atau tidur dengan posisi miring. Jangan tidur dengan posisi yang sama dalam waktu yang lama.

Minum obat antinyeri. Jangan menunggu sampai nyeri bertambah berat.

Kompres hangat atau dingin selama 15-20 menit setiap 2-3 jam.

Demikian, semoga bermanfaat

    0 Komentar

    Belum ada komentar