Sukses

Jerawat Di Kulit Kepala
18 Mei 2018, 10:04 WIB
Wanita, 16 tahun.

Hallo dok, di kulit kepala dan selakang Saya terdapat benjolan seperti jerawat berwarna hitam dan keras dan ada rambut kasar nya, ketika saya coba kopek yang seperti jerawat itu bisa keluar, tetapi ada seperti rambut juga yang tercabut, ini penyakit apa ya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar jerawat di kepala melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Jerawat memang dapat tumbuh di kepala. Sama seperti pada kulit wajah, dada, atau pun punggung, jerawat disebabkan oleh gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (kelenjar sebasea) yang menyebabkan peradangan dan penyumbatan saluran folikel rambut serta pori-pori kulit. Faktor risiko jerawat pada kepala termasuk penggunaan tutup kepala atau produk minyak rambut. Jika tidak ditangani, jerawat tersebut dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Untuk mengatasinya, rajinlah melakukan keramas, atur pola makan, dan hindari stress. Pilih sampo yang mengandung asam salisilat karena dapat membantu mengangkat sel kulit mati penyebab sumbatan pori-pori kulit kepala. Jika jerawat terlalu banyak dan sulit ditangani sendiri, kami menyarankan agar Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk tatalaksana lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai jerawat di kepala. Semoga bermanfaat.

 

1 Komentar