Sukses

Penyebab Suara Serak
18 Mei 2018, 10:17 WIB
Wanita, 15 tahun.

Halo dok, sy ingin bertanya tentang suara serak yg sy alami. Sudah kuranglebih 6bulan suara sy serak. Awal nya sy minum es dan mengakibatkan batuk pilek, lalu sy biarkan. Ketika sdh 3minggu batuk pileknya tdk kunjung sembuh, lalu sy kedokter dan ktnya hanya radang biasa. Tapi stlh 3-4kali periksa, dokter menyarankan utk diperiksa lebih lanjut ke tht. Setlh sy ke tht dan dikasih obat, suara sy sdikit membaik, tp hnya sbntr saja. 3-4 kali jg sy ke tht dan diliat kondisi tenggorokan sy lewat kamera hasilnya normal. Tp sampai skrg sy tdk melanjutkan berobat ke tht, hny minum air hangat disetiap paginya. Saat akan bicara normal sy akan merasa seperti tertekan sehingga, dan jika sy ingin berbicara lancar sy hrs menggunakan suara perut. Tolong solusinya sy hrs bagaimana dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.Suara parau atau serak terjadi akibat iritasi atau cedera/trauma pada pita suara. Laring (yang disebut juga kotak suara), merupakan bagian dari saluran pernafasan yang mengandung kotak suara.

Pita suara merupakan dua pita otot yang membentuk huruf "V" di dalam laring. Pada saat Anda bernafas, kedua pita suara ini tetap berjauhan. Dan ketika Anda bernyanyi atau berbicara, pita suara ini akan saling mendekat, bergetar dan memproduksi suara. Pembengkakan atau benjolan pada pita suara akan mencegah getaran ini terjadi, sehingga mengubah kualitas, volume, dan nada suara (rendah/tinggi).

Penyebab suara parau/serak bermacam-macam. Yang paling umum adalah laringitis akut (peradangan pita suara) akibat infeksi saluran nafas atas (biasanya virus). Dapat juga terjadi akibat penggunaan suara kurang tepat (misuse), misalnya:

-Berbicara pada lingkungan yang bising-Penggunaan berlebihan (misalnya pada penyanyi)-Menggunakan telepon dengan cara telepon dijepit di antara pipi dan bahu-Menggunakan nada yang kurang sesuai (terlalu tinggi/rendah) ketika bicara-Berteriak-Penyebab lain dari suara parau juga bisa diketahui dari karakteristik suara paraunya.

Kemungkinan lain penyebabnya adalah hipotiroidisme, laryngopharyngeal reflux (LPR), leukoplakia, suara parau akibat otot yang menegang, edema Reinke, pembengkakan pita suara dan kelumpuhan pita suara.

Mengenai kegunaan obat tradisional, tidak dapat kami sarankan karena belum diketahui secara pasti manfaatnya secara dunia kedokteran.

Demikian informasi penyebab suara serak ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar