Sukses

Kapan Dapat Merasakan Gerakan Janin dalam Kandungan?
18 Mei 2018, 10:17 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok maaf saya mau tanya , kehamilan saya berusia 20 mggu , tp kenapa ya perut saya masih kecil dan saya blm bisa merasaakan gerakan janin di dlm perut saya , padahal saya uda usg dan kata dokternya hasil,a bagus, apakah ada masalah pada janin saya , makasih ya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Kami perlu mengkonfirmasi kembali apa yang Ibu maksud dengan perut yang berkedut. Apakah seperti ada denyut atau rasa pegal atau rasa nyeri? Kapan saja dirasakan? Berapa kali dirasakan dalam satu hari?

Pergerakan dari janin yang dirasakan oleh Ibu hamil memang merupakan sensasi luar biasa dari kehamilan. Beberapa wanita merasakan adanya quickening atau pergerakan janin antara minggu ke 16 - 20, waktunya berbeda di antara wanita.

Apakah ini kehamilan pertama Ibu?  Apabila ini adalah kehamilan pertama maka memang beberapa Ibu baru mulai merasakan pergerakan janin pada minggu ke-20. Gerakan janin pertama dirasakan seperti perasaan terdapatnya kupu-kupu di dalam perut atau sebagai "gelembung gas" atau "denyut". Bila Ibu sudah pernah hamil sebelumnya maka Ibu akan tahu bahwa perasaan ini merupakan pergerakan janin.

Pada kehamilan pertama, sensitivitas Ibu memang belum terlalu peka, namun seiring berjalannya waktu Ibu akan mulai memahami gerakan janin. Seiring dengan pertumbuhan janin, gerakan juga akan semakin kuat. Janin tidak akan selalu bergerak, yang perlu diingat adalah bahwa selama aktivitas janin tidak terlalu menurun drastis serta masih dapat dirasakan pergerakan maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Selain itu, ketika Ibu dalam kesibukan Ibu mungkin akan kurang menyadari gerakan yang di buat oleh janin. Ibu akan lebih merasakan gerakan janin ketika anda duduk dan santai/rileks. Ketika Ibu sudah dapat merasakan gerakan janin secara teratur, Ibu akan sudah mengetahui atau menyadari kapan biasanya bayi anda cenderung lebih aktif bergerak. Diharapkan janin dapat bergerak minimal 10 kali per hari, namun bila tidak ada gerakan mungkin janin sedang tidur. Ibu dapat merangsangnya dengan menggerakan/menggoyangkan  perut untuk melihat apakah bayi memberi respon dengan bergerak. Janin yang normal akan meresponnya dengan bergerak kembali.

Setiap hari, ambillah waktu khusus untuk menghitung gerakan janin, pada saat janin cenderung lebih aktif, ambilan posisi yang duduk santai, rileks atau berbaring sambil mendengarkan musik dan mulailah untuk menghitung gerakan janin. Bila dalam 2 jam Ibu tak merasakan 10 gerakan, konsultasilah dengan dokter Ibu. Pemeriksaan USG akan mengkonfirmasi keadaan janin Ibu.

Semoga penjelasan kami dapat diterima dengan baik dan kami doakan agar kehamilan Ibu berjalan lancar hingga persalinan, Ibu dan bayi sehat selalu!

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar