Sukses

Peningkatan Fungsi Hati
18 Mei 2018, 10:04 WIB
Pria, 46 tahun.

dok .suami aku terkena peningkatan fungsi hati..apa itu sudah terkena liver,atau hepatitis

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium yang Anda paparkan, SGOT 115 standarnya 42u/l SGPT 155 standarnya 42u/l dimana keduanya menunjukkan kadar yang lebi tinggi dari normal. Sebelumnya izinkan kami untuk sedikit menjelaskan mengenai pemeriksaan ini.

Serum glutamic pyruvic transaminase (SGPT) atau alanine aminotransferase (ALAT) merupakan enzim yang terdapat pada sel hati dan sel jantung yang akan dikeluarkan apabila terdapat kerusakan baik pada sel hati maupun pada sel jantung. Peningkatan nilai SGPT dapat disebabkan karena hepatitis, fatty liver, serangan jantung, dan aktivitas fisik yang berat.

Aspartate transaminase (AST) atau serum glutamic oxaloacetic transaminase (SGOT) adalah enzim yang terdapat pada sel darah merah, hati, jantung, sel otot, pankreas, dan ginjal. Enzim ini akan keluar apabila terdapat kerusakan pada sel-sel tersebut.

SGPT lebih khas untuk gangguan hati dibandingkan SGOT karena SGOT merupakan enzim yang banyak terdapat di berbagai organ seperti yang tertuliskan di atas. Untuk menjawab pertanyaan Anda, sebelumnya harus diperhatikan terlebih dahulu mengenai penyebab dari peningkatan enzim ini. Apabila penyebab gangguan hati ini belum teratasi maka tentunya nilai SGPT akan tetap tinggi. SGPT tinggi dan SGOT rendah cukup khas untuk gangguan fungsi hati.

Untuk dapat menentukan pengobatan yang tepat dan mengetahui apakah gangguan yang Anda alami dapat sembuh dengan cepat atau tidak, perlu diketahui apakah penyakit yang mendasarinya. Kami tidak dapat memastikan berapa lama waktu penyembuhan yang diperlukan untuk menurunkan kadar pemeriksaan tersebut. Untuk itu, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan lebih lanjut, karena dibutuhkan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik serta pemeriksaan tambahan untuk menunjang diagnosis seperti pemeriksaan USG, CT-Scan ataupun pemeriksaan darah lainnya. Dengan demikian, diagnosis pasti dari keluhan Anda dapat diteggakkan dan Anda akan mendapat penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar