Sukses

ASD Sekundum dan Kehamilan
18 Mei 2018, 07:33 WIB
Pria, 37 tahun.

dok saya sedang hamil 24 minggu ada keluhan jantung berdebar dan dokter mendiagnosa penyakit asd secudum apakah berbahaya untuk kehamilan saya

Terima kasih telah bertanya seputar ASD sekundum dan kehamilan menggunakan fitur Tanya Dokter

Selamat atas kehamilan Anda. Semoga Anda dan janin sehat selalu.

Kelainan septum atrial (Atrial Septal Defect-ASD) merupakan kelainan kongenital (bawaan) yang dapat terdeteksi baik di waktu dewasa maupun anak-anak. Tergantung besarnya kebocoran, biasanya semakin besar semakin dini terdeteksi namun tak jarang juga yang baru ditemukan saat dewasa ataupun saat kehamilan. ASD disini berarti terdapat kebocoran di sekat antar atrium atau yaitu ruangan bagian atas jantung. Lokasi kelainan ASD di bagian tengan dari septum (sekat).

Karena adanya kebocoran jantung tersebut, terdapat kebocoran darah yang kaya O2 (oksigen) dari ruangan pada sebelah kiri jantung ke ruangan pada bagian kanan jantung. Kemudian darah tersebut dipompa kembali masuk ke dalam paru-paru (padahal sebetulnya sudah di"segarkan" kembali dengan oksigen). Hal ini tentunya tidak efisien karena darah yang sudah mengandung oksigen menggeser darah yang sebetulnya masih perlu oksigen. Sebagian besar dari orang dengan kebocoran ini menunjukkan sedikit gejala.

Kehamilan dihubungkan dengan perubahan hemodinamik tubuh termasuk meningkatnya volume darah dan curah jantung (yaitu banyaknya darah yang dipompa jantung per menit) dan berkurangnya resistensi pembuluh darah. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan peningkatan pengisian darah di bagian jantung kanan dan penurunan tekanan di bagian kiri jantung. Pada pasien dengan ASD kecil atau sudah dioeprasi tanpa adanya komplukasi perubahan hemodinamik ini dapat ditoleransi sedangkan pada pasien dengan ASD yang lebih kompleks dapat tejadi gangguan irama jantung atau sianosis (kebiruan).

Penderita kebocoran jantung bawaan seperti ASD bisa hamil. Namun untuk menentukan apakah kehamilannya bisa dipertahankan atau tidak, apakah kehamilannya dapat membahayakan ibu dan janin, perlu diketahui besarnya kebocoran jantung yang terjadi dan kondisi jantung saat ini. Banyak kasus dengan ASD kecil atau tanpa komplikasi dapat melahirkan bayi dengan sehat. Namun dibutuhkan kontrol dan pengawasan lebih.

 

Untuk memastikannya, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter jantung.

Demikian, semoga informasi tentang penderita kebocoran jantung bawaan bisa hamil ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar