Sukses

Susu untukAnak yang Alergi Susu Sapi

18 May 2018, 07:15 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat pgi dok, saya tety saya mau tnya ank sya berumur 2 bln skrng ank saya mengkonsumsi susu formula dok tp susu formula dr segala macam susu yg mengandung susu sapi anak saya alergi dok trs di ksh susu NL 33 terus penangannya gi mna dok sekarang yg trbaik di ksh susu apa dok? Terima ksh

Terima kasih telah bertanya seputar alergi susu sapi menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Susu yang diberikan kepada bayi Anda saat ini ialah susu yang tidak mengandung laktosa. Susu tersebut diberikan pada bayi-bayi yang mengalami intoleransi laktosa atau tidak mampu mencerna laktosa (salah satu bentuk gula) di dalam tubuh. 

Apakah susu tersebut Anda beli sendiri atau dianjurkan oleh dokter?

Pertama-tama yang harus dicari tahu ialah apakah anak anda intoleransi laktosa atau alergi susu sapi? karena kedua hal tersebut berbeda. 

Alergi susu merupakan suatu reaksi tidak normal dari kekebalan tubuh (sistem imunitas) terhadap protein susu, yang dianggap sebagai benda asing atau alergen.

Sementara itu, intoleransi laktosa disebabkan karena kurangnya enzim laktase, sehingga sistem pencernaan tidak dapat mengolah laktosa yang merupakan salah satu gula dalam susu.

Alergi susu sapi merupakan jenis alergi yang paling banyak ditemukan pada anak kecil. Umumnya alergi susu sapi telah dapat diketahui sejak dini, biasanya sebelum anak berusia satu tahun.

Gejala alergi susu sapi dapat terlihat tidak lama setelah pengenalan susu sapi yang pertama kalinya, yaitu pada sistem pencernaan, pernapasan, dan kulit. Umumnya gejala tersebut timbul dalam satu jam setelah mengonsumsi susu dan produk turunannya, di antaranya diare, muntah, kembung, ruam merah yang terasa gatal pada kulit, batuk, pilek, dan lain-lain.

Meski demikian, sebagian besar anak akan terlepas dari alergi tersebut setelah berusia di atas tiga tahun. Hanya sebagian kecil saja yang akan membawanya hingga dewasa.

Berbeda dengan alergi, intoleransi laktosa tidak melibatkan sistem kekebalan tubuh – meskipun gejalanya mirip dengan alergi susu sapi, yaitu nyeri perut, kembung, dan diare. Intoleransi laktosa umumnya dialami oleh remaja dan orang dewasa, sebagian besar berasal dari etnis Asia dan Afrika. Hanya sebagian kecil anak yang mengalami keadaan ini. Anak biasanya baru mengalami intoleransi laktosa setelah mengalami infeksi saluran pencernaan.

Itulah alasan utama ASI adalah makanan terbaik untuk buah hati Anda. Jika Anda terpaksa tidak dapat memberikan ASI, Si Kecil dapat diberikan susu formula hipoalergenik atau susu formula kedelai sesuai rekomendasi dokter. 

Sementara itu, anak yang intoleransi laktosa masih dapat mengonsumsi susu sapi yang berlabel bebas laktosa. Sebagai alternatifnya, Si Kecil bisa mengonsumsi susu formula kedelai dengan berkonsultasi terlebih dulu pada dokter. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar