Sukses

Mengenal Melena

17 May 2018, 13:43 WIB
Wanita, 49 tahun.

Dok, saya di diagnosa milena. Sudah minum obat Rebampide 100mg, tp sekarang kok malah susah BAB. Hanya mules tp tidak bisa keluar sudah 4hari. Tolong solusinya,trima kasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Mengenal Melena.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Melena adalah keluhan buang air besar yang berwarna hitam seperti ter. Keadaan ini berhubungan dengan adanya perdarahan di dalam saluran pencernaan bagian atas. Warna hitam yang ada disebabkan oleh oksidasi besi dalam hemoglobin darah selama perjalananannya di dalam saluran pencernaan. Bagian saluran pencernaan atas yang dimaksuda adalah kerongkongan,  lambung atau usus dua belas jari. Pada lambung atau usus dua belas jari biasanya penyebabnya adalah ulkus atau luka. Sedangkan pada kerongkongan biasanya karena pecahnya pembuluh darah balik yang ada di sana - biasanya berhubungan dengan sirosis hati.

Cara mendiagnosis atau mengetahui penyebab melena adalah dengan melakukan pemeriksaan endoskopi. Pada pemeriksaan ini dimasukkan kamera kecil dengan selang ke dalam saluran pencernaan, dari mulut kemudian gambaran dalan saluran pencernaan dipantau melalui monitor. Jika ditemukan kelainan, dapat dilakukan tatalaksana pada saat itu juga, seperti dengan menjepit bagian yang ulkus sehingga perdarahan berhenti.

Perlu Anda ketahui pula memang efek samping dari obat yang Anda minum yaitu konstipasi (susah BAB).

 

Perlu ditekankan bahwa yang kami jelaskan disini adalah beberapa kemungkinan penyebab melena, perlu konfirmasi dan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab perdarahan ini. Karena itu, kami juga menyarankan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterohepatologi untuk penanganan dan evaluasi lebih lanjut dari masalah kesehatan Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Mengenal Melena. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar