Sukses

Sedih Tanpa Sebab
16 Mei 2018, 20:08 WIB
Pria, 23 tahun.

Hi Dok! Saya terkadang suka merasakan sesak (sesak bersedih ingin nangis) secara spontan/tiba-tiba tanpa alasan.. sebenarnya sudah lumayan lama saya alami.. tapi baru beberapa hari yang lalu saya sharing dengan teman dan malah disuruh ke psikiater? apakah yang saya alami itu sebuah penyakit dok, apakah sebahaya itu dok? Thank you dokter, Semoga dokter selalu berbahagia

Terimakasih telah bertanya tentang sedih tanpa sebab melalui fitur Tanya Dokter.

Terdapat kondisi dimana seseorang dapat menjadi sedih tanpa sebab, yaitu gangguan bipolar. Gangguan Bipolar yaitu perubahan mood yang berganti ganti dari perasaan sangat bahagia berubah menjadi depresi. Atau mungkin juga Anda mengalami gangguan depresi. Kedua gangguan ini (bipolar dan depresi) dapat juga disertai dengan halusinasi ataupun tidak. Untuk memastikannya diperlukan wawancara lebih lanjut untuk memastikan diagnosis apakah Anda memang mengalami kelainan bipolar atau tidak.

Kelainan ini biasanya memang ditemukan pada akhir masa remaja atau awal masa dewasa. Hingga saat ini belum ditemukan obat yang mampu menyembuhkan kelainan bipolar, namun kelainan ini dapat dikontrol dengan pemberian terapi non-farmakologi (tanpa obat) dikombinasi dengan pemberian terapi farmakologi (dengan obat-obatan) secara terus menerus. Terapi non-farmakologi yang dapat dilakukan antara lain dengan Psikoterapi dan dengan melakukan berbagai usaha-usaha untuk mengurangi stres, seperti dengan relaksasi, yoga, berolah raga, dll. Sementara obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengontrol kelainan ini adalah obat-obatan mood stabilizer.

Faktor penyebabnya adalah:

  • Genetik
  • Terganggunya keseimbangan cairan kimia utama di dalam otak yaitu Norepinephrin, dopamine, dan serotonin
  • Faktor eksternal lingkungan seperti stress, obat anti depresan, penyalahgunaan zat narkotika, kurang tidur. 
  • Faktor psikologis

Untuk mendapatkan hasil pengobatan yang optimal, kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis psikiatri. Wawancara lebih lanjut dengan dokter psikiatri akan memastikan diagnosis kelainan bipolar yang Anda alami. Selain itu, penggunaan obat-obatan mood stabilizer pun hanya bisa diberikan dengan resep dokter dan perlu pemantauan ketat serta penyesuaian dosis oleh dokter psikiatri.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang sedih tanpa sebab. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar