Sukses

KB Suntik 3 Bulan Membuat Haid Tidak Teratur

16 May 2018, 17:13 WIB
Wanita, 21 tahun.

Halo dok. Saya kan pake suntik kb 3 bulan. Udah 3x suntik. Awal suntik haid biasa,ke2x suntik cuma ngflek. Ini yg ke3 ko haidnya lama namun tidak deras. Cuma sehari keluar sehari tidak. Itu knp y dok.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya seputar KB suntik 3 bulan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kontrasepsi suntikan KB 3 bulan mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormonal ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistim hormon di dalam tubuh.

Salah satu keterbatasan dalam penggunaan KB Suntik 3 bulan (KB suntikan progestin) adalah sering ditemukannya gangguan haid, seperti;

siklus haid yang memendek atau memanjangperdarahan yang banyak atau sedikitperdarahan tidak teratur atau perdarahan bercak (spotting)tidak haid sama sekaliEfek Samping lainnya adalah kekeringan vagina, menurunkan libido, permasalahan berat badan, sakit kepala, jerawat, dan gangguan emosi.

Dari kasus anda, hal ini adalah normal mengingat efeknya yang dapat mengganggu siklus haid, sehingga anda tidak perlu khawatir.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar