Sukses

Janin Tidak Teraba

16 May 2018, 17:02 WIB
Pria, 25 tahun.

Istri saya ketika usia kandungannya 3 bulan diperiksa ke bidan, dan teraba. Tapi ketika menginjak usia yg ke-4 bulan, konsultasi dgn bidan yg berbeda, janinnya tdk teraba dok. Mengapa hal ini terjadi, Dan apa bahayanya?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Janin Tidak Teraba melalui fitur Tanya Dokter.

Kami ucapkan selamat atas kehamilan Anda!

Janin juga seperti layaknya manusia dewasa, ia beraktivitas, butuh nutrisi, dan butuh tidur setiap harinya. Gerakan janin dapat dirasakan pada usia kehamilan 15 minggu ke atas, umumnya mungkin hanya gerakan-gerakan lembut yang lama kelamaan akan menjadi lebih kuat. Untuk gerakan janin ke kanan atau ke kiri normal, yang penting masih bergerak.

Pergerakan dari janin yang dirasakan oleh Ibu hamil memang merupakan sensasi luar biasa dari kehamilan. Beberapa wanita merasakan adanya quickening atau pergerakan janin antara minggu ke 16 - 20, waktunya berbeda di antara wanita.

Apakah ini kehamilan pertama Ibu? Apabila ini adalah kehamilan pertama maka memang beberapa Ibu baru mulai merasakan pergerakan janin pada minggu ke-20. Gerakan janin pertama dirasakan seperti perasaan terdapatnya kupu-kupu di dalam perut atau sebagai "gelembung gas" atau "denyut". Bila Ibu sudah pernah hamil sebelumnya maka Ibu akan tahu bahwa perasaan ini merupakan pergerakan janin.

Sampai pada usia kehamilan 28 minggu, gerakan janin belum terlalu bermakna, dalam artian belum dapat menjadi indikator kesehatan seperti layaknya trimester terakhir. Gerakan janin mulai teratur pada usia kehamilan lebih dari 28 minggu. Pada kehamilan trimester ini, karena janin yang belum terlalu besar dan cairan ketuban yang banyak maka janin dapat bergerak cukup aktif bahkan dapat berputar-putar dalam rahim.

Menjelang trimester ketiga, janin dapat membuat gerakan sebanyak 30-40 gerakan per jam. Gerakannya mulai lebih rutin dan umumnya ketika Anda dalam kondisi tenang. Apabila Anda beraktivitas, gerakan janin justru tidak sebanyak biasanya. Menjelang minggu ke-36 sampai akhir, posisi janin yang sudah memenuhi ruangan rahim justru menyebabkan janin tidak banyak bergerak karena ruang gerak yang sempit. Paling tidak rata-rata Ibu harus merasakan janin bergerak kira-kira 10 kali dalam 12 jam.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Janin Tidak Teraba. Semoga bermanfaat untuk Anda.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar