Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

IUD Menusuk Saat Hubungan Intim

16 May 2018, 12:04 WIB
Pria, 48 tahun.

apakah wajar dalam pemakaian kontrasepsi (IUD) pada waktu/siklus tertentu bisa menyebabkan luka pada mr.p pasangan?

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e- konsultasi KlikDokter.com

Pada pemasangan IUD, standarnya benang IUD memang disisakan beberapa sentimeter diluar mulut rahim untuk mempermudah dalam pengontrolan dan pelepasan IUD nantinya.

Namun bila Benang IUD yang terlihat sampai ke mulut vagina, dapat menjadi bahwa IUD tidak berada di posisi yang seharusnya. Dalam rentang waktu 2 tahun mungkin saja kedudukan IUD tersebut sudah berubah dari posisi awalnya. Perubahan posisi ini bisa tergolong normal pada saat pemeriksaan USG, namun bila mempengaruhi posisi benang IUD, dapat menimbulkan ketidaknyamanan suami saat berhubungan.

Untuk memutuskan apakah IUD yang Anda gunakan harus diganti yang baru atau tidak, kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan letak IUD.  Anda juga dapat datang kapan saja misalnya Anda memiliki masalah, pertanyaan, atau ingin mengubah metode KB. Berikut ini merupakan alasan lain untuk kontrol:

Bila Anda mengira IUD sudah tidak pada tempatnya, misalnya Anda tidak merasakan benang IUD lagi atau sebagian dari plastik IUD keluar.Anda mengeluh sakit radang pada panggul, misalnya terdapat keluhan sakit perut bagian bawah, nyeri saat berhubungan seks, keluar keputihan yang tidak wajar, demam, menggigil, mual, dan muntah.Anda mengira bahwa Anda hamil.Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar