Sukses

Apa Gejala Penyakit Jantung?
15 May 2018, 16:10 WIB
Wanita, 19 tahun.

Assalamu'alaikum Izin bercerita sekilas, saya sudah beberapa bulan ini merasakan keluhan tentang sakit pada dada sebelah kiri, rasa lemas yang berlebihan, pusing, mual tidak nafsu makan, dan kadang jantung berdebar lebih cepat dari biasanya, bahkan lengan sebelah kiri dan kanan saya juga kadang suka sakit. Saya sudah berobat kpd dokter poli dalam dirumah sakit, hasil lab mengatakan bahwa saya terkena dispepsia. Saya diberi vitamin karna sering merasakan lemas yg berlebihan dan obat*tan lainnya. Saya sudah sering kontrol bolak balik rumah sakit, tapi rasa lemas saya tidak pernah hilang. Rasa lemas itu saya rasakan dari awal bangun tidur sampai tidur lagi, walaupun saya tidak beraktivitas. Apakah benar itu adalah penyakit jantung? Mohon penjelasannya dan berikan solusinya? Syukron Assalamu'alaikum

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan Tanya Dokter.

Secara garis besar, gejala tersebut antara lain:

Rasa tidak nyaman atau nyeri pada dada, yang dikenal dengan angina. Terjadi akibat otot jantung tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Sifat tidak nyaman atau nyeri dapat seperti ditindih beban berat, ditekan, atau ditusuk. Beberapa orang menggambarkannya seperti ditindih gajah atau dada seperti diikat sabut yang sangat kencang. Keluhan ini dapat juga dirasakan pada bagian tubuh atas lainnya.

Rasa tidak nyaman atau nyeri pada bagian atas tubuh seperti lengan, bahu, leher, rahang, punggung. Pada tenggorokan dapat berupa rasa tercekat, pada lengan dapat berupa lengan terasa amat berat dan tidak dapat digunakan.

Gejala lainnya, seperti yang sering dirasakan oleh penderita gagal jantung adalah sesak napas, kelelahan, berdebar-debar, mual, keringat dingin, dan pusing atau kliyengan.

Gejala-gejala di atas tidaklah mutlak dan dapat bervariasi pada setiap individu, terutama mereka yang memiliki faktor risiko penyakit jantung. Nyeri yang dirasakan pria dan wanita juga sering kali tidak sama.

Pada pria, angina sering kali dirasakan adalah nyeri dada seperti diremas atau ditekan, dengan nyeri menjalar ke lengan. Angina memburuk dengan aktivitas fisik dan hilang dengan istirahat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar