Sukses

Mata Kering
15 May 2018, 12:32 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok saya mau tanya udh sekitar 2bulan saya sakit mata. mata terasa kering dan mengganjal dan kluar lendir (belek) terus menerus. saat siang tdk terlalu parah tp ketika malam menjadi perih dan hampir tdk bisa dibuka matanya dan harus terus2an ditetesi obatnya. sudah bawa ke RS dan dikasih obat cen** lyte**s. harusnya saya kembali ke RS dlm waktu 2mggu tp karna pekerjaan yg tdk memungkinkan untuk ke RS jd smpai sekarang saya hanya memakai obat itu untuk meringankan rasa keringnya. sudah hampir 4botol saya habiskan. apakah itu aman dok?

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter

Dari penjelasan Anda, Anda mengalami kondisi mata kering. Mata kering adalah suatu gangguan pada permukaan mata yang ditandai dengan ketidakstabilan produksi dari lapisan air mata. Seorang dengan mata kering akan mengeluh adanya sensasi gatal atau mata terasa seperti berpasir. Tingkat keparahan keluhan mata kering cukup bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Bahkan pada beberapa kasus, mata kering juga dapat disertai komplikasi.

Terdapat banyak penyebab mata kering, mulai dari gangguan yang didapat sejak lahir sampai gangguan yang didapat. Gangguan pada kelenjar lakrimal, kelenjar yang memproduksi air mata, dapat disebabkan oleh faktor usia, penurunan hormon androgen, penyakit peradangan sistemik, dan pembedahan yang mengenai nervus trigeminus.

Mata kering dapat ditangani dengan melakukan berbagai hal. Anda bisa melakukan pengompresan mata dengan air hangat selama 2 menit. Lakukan sebanyak 2–4 kali sehari. Penanganan mata kering tergantung dari derajat keparahannya. Obat yang Anda gunakan merupakan air mata buatan. Air mata buatan boleh digunakan jangka panjang untuk meredakan keluhan. Namun ada baiknya Anda kembali kontrol ke dokter mata Anda untuk dievaluasi lebih lanjut mengenai mata kering yang Anda alami.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar