Sukses

Penyebab Anak Muntah dan Diare Setelah Minum Susu Formula

14 May 2018, 12:42 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat malam dok, saya mau tanya. Anak saya berusia 13 bulan. pada bulan april sekitar tgl 1 dia mengalami muntah2. Dan muntah2 terjadi ketika sesudah minum susu formula dan makan sesuatu. Muntah tidak terlalu parah jika hanya minum air putih. Ada sedikit diare tapi dalam kurun waktu yg normal. Sehari 2-3 kali saja. Kemudian tgl 2 d kasih obat mual muntah cukup sekali minum obt tsb langsung sembuh. Tgl 3 ternyata diare nya yg mulai menjadi2, tgl 4 saya bawa ke dokter anak. Disana di berikan pengganti susu formula. Saya pakai sgm, di ganti lah dengan susu yg freelaktosa isi 400gram. 3 hari kemudian saya disuruh kontrol, dan selama minum susu itu diare nya langsung ilang. Sekitar 4 hari susu freelaktosa tsb habis, saya ga balik lagi kontrol. Dan kembali mengkomsusmi sufor sgm biasa. Dan tidak terjadi apa2. Kemudian malam ini tgl 7 mei, anak saya kembali muntah2 setelah meminum sufor. Hari ini sudah 4 kali, dan baru saya kasih obat mual muntah setelah yg ke empat kali muntah. Dan ug keempat ini dibarengi dengan diare. Jadi teringat bukan lalu. Maka dari itu saya stop kan minum susu, dan d ganti dengan air putih. Yg mau saya tanyakan apakah anak saya termasuk intoleransi laktosa??? Apa saya harus mengganti sufor anak saya dengan soya? Karena yg freelaktosa aetau sya khusus dngn medis tertentu sperti diare. Terimakasih dok, selamat malam

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai anak muntah setelah konsumsi sufor melalui fitur Tanya Dokter. 

 

Jika memang anak Anda selalu muntah dan diare setelah konsumsi sufor memang ada kemungkinan anak Anda menderita intoleransi laktosa, kami sarankan agar anak Anda tidak mengonsumsi lagi susu formula dan menggantunya dengan susu free laktosa. 

Intoleransi laktosa merupakan suatu bentuk penolakan tubuh terhadap laktosa. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan penderita tidak mampu mencerna atau menyerap laktosa yang masuk ke dalam tubuh. Laktosa merupakan gula alami yang terdapat dalam susu atau produk susu lainnya seperti keju, mentega, dsb. 

Beberapa gejala intoleransi laktosa adalah :

-Perut terasa kembung-Diare-Mual-Perut bersuara-Muntah

 

Secara garis besar, intoleransi laktosa disebabkan oleh ketidakmampuan sistem pencernaan manusia dalam membentuk laktase (enzim pada usus), yang berfungsi untuk mencerma laktosa yang masuk ke dalam tubuh. Pengobatan terbaik bagi pasien dengan intoleransi laktosa adalah dengan menjauhi segala produk yang mengandung laktosa. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai anak muntah setelah konsumsi sufor. Semoga bermanfaat. 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar