Sukses

Seputar Sariawan
14 May 2018, 10:04 WIB
Wanita, 30 tahun.

Siang dokter saya mau tanya kenapa setiap suami saya maaf mengoral vagina suami saya langsung terkena sariawan. Apakah vagina saya bermasalah?? Terimakasih.

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi sariawan yang Anda alami. Sariawan atau Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) memang suatu keadaan yang hilang timbul namun belum diketahui dengan pasti penyebabnya. Hal yang dikaitka denga terjadinya sariwan adalah stress, infeksi virus dan bakteri, sensitif terhadap makanan, obat-obatan, trauma lokal dalam mulut, keturunan dan kekurangan vitamin. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan  tersebut dengan bantuan pemeriksaan olah dokter gigi, dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut  dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang  mengandung vitamin dan mineral.

Untuk mengetahui secara pasti apakah kondisi yang terkait sariawan yang Anda alami, maka sebaiknya periksakan dan konsultasikan dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis Oral medicine (SpOM)

 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semooga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar