Sukses

Asma Tak Kunjung Hilang

14 May 2018, 10:03 WIB
Wanita, 24 tahun.

dok mau tanya.saya pnya sakit asma seharian ini dada saya sakit sekali .biasanya kalau sakit pakai obat hisap reda tapi hari ini tidak reda.tolong solusinya dok

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Dasar dari penyakit asma sebenarnya adalah adanya reaksi inflamasi (pembengkakan) pada saluran pernapasan yang disebut bronkus yang kemudian menyebabkan kerusakan pada sel-sel saluran napas tersebut . Selain itu adanya sumbatan pada saluran napas tersebut yang bersifat reversibel baik dengan atau tanpa pengobatan. Semua itu yang dapat menyebabkan timbulnya gejala asma.

Hal pertama yang harus dilakukan pada penderita asma adalah dengan mengidentifikasi jenis asma yang dimiliki- apakah serangan yang terjadi sangat jarang atau intermitten, hingga sangat berat yaitu asma persisten berat.Identifikasi jenis asma yang dimiliki dapat dilakukan melalui wawancara dengan pasien terkait dengan frekuensi serangan, hasil pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang dengan spirometri. Sudahkah Anda mengetahui jenis asma yang Anda miliki? Karena hasil dari jenis serangan asma tersebut sangat menentukan jenis pengobatan yang akan diterima. 

Pengobatan pada asma terdiri dari 2 macam, yaitu:

1. Reliever, terdiri dari obat-obat yang digunakan untuk mengatasi serangan yang bersifat akut atau segera

2. Controller, terdiri dari obat-obat yang berfungsi untuk mengontrol atau mengurangi pembengkakan pada saluran pernapasan sehingga tidak mudah terjadi serangan di lain waktu.

Jenis inhaler yang berisi apakah yang Anda gunakan? apakah yang bertujuan untuk reliever ataupun controller? Jika selama ini Anda hanya mendapat obat-obat reliever, maka kemungkinan anda membutuhkan terapi dengan obat controller. Diskusikan dengan dokter Anda mengenai pengobatan yang sesuai dengan jenis klasifikasi asma Anda. Istilah sembuh total pada penyakit asma lebih cocok disebut bebas serangan. Hal tersebut mungkin saja terjadi dengan kepatuhan pengobatan yang sesuai dengan klasifikasi jenis asma dan kemampuan untuk menghindar dari faktor pencetus asma sehingga serangan secara perlahan dapat berkurang dan akhirnya dapat bebas dari serangan. 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar