Sukses

Bibir Kering Karena Makan Pisang?

14 May 2018, 09:18 WIB
Wanita, 18 tahun.

Halo dok belakang ini bibir saya sering mengelupas dan kering, menurut saya minum udh cukup. Tapi akhi-akhir ini saya sadar setelah makan pisang efeknya beberapa menit kemudia muncul. Apakah makan pisang memng ads efek seperti itu? Makasih

Terima kasih telah bertanya seputar bibir kering menggunakan fitur Tanya Dokter

Penyebab dari bibir kering adalah lapisan minyak dari bibir yang hilang, yang mungkin disebabkan oleh beberapa hal seperti: paling sering oleh udara dingin (dalam kondisi anda mungkin kulit bibir anda sensitif jadi mudah kering bila terkena AC), terutama pada udara yang kering, dan juga oleh kebiasaan menjilat bibir. Pisang tidak menyebabkan bibir kering. Namun, bila Anda alergi pisang bisa timbul keluhan kemerahan dan bengkak pada bibir setelah mengonsumsi pisang. Apakah sebelumya jika memakan pisang Anda memiliki keluhan yang sama?

Cobalah cara alami untuk melembabkan bibir seperti:

  1. Perbanyak konsumsi air putih, dan terapkan diet sehat dan seimbang dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.
  2. Olesi bibir dengan madu atau minyak zaitun murni untuk membantu melembabkan bibir.Pilihlah pelembab bibir dengan cermat dan periksa kandungannya yang tertera pada kemasan. Camphor dan menthol yang merupakan bahan aromatik dapat membuat bibir menjadi kering.
  3. Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, gunakan pelembab bibir yang mengandung tabir surya setidaknya 30 SPF.
  4. Hindari kebiasaan menjilat apalagi menggigit-gigit bibir. Alih-alih membuat bibir menjadi lembab, kebiasaan menjilat bibir justru dapat membuat bibir bertambah kering. Enzim yang terkandung dalam air liur dapat membuat bibir kering, dan kebiasaan ini dapat membuat bakteri yang terkandung di dalam mulut menumpuk dan membuat sudut bibir pecah-pecah.
  5. Jauhi rokok, karena zat toksin pada rokok dapat mempercepat kerusakan sel kulit dan kolagen.

 

Dengan usaha dan kesabaran mudah-mudahan bibir anda dapat kembali seperti sedia kala. Ingatlah untuk tetap mengonsumsi obat anti alergi yang diberikan dokter karena bisa saja bibir pecah-pecah yang anda alami disebabkan oleh alergi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar