Sukses

gigi lubang ditambal atau dicabut
09 May 2018, 10:55 WIB
Pria, 23 tahun.

Halo dokter, tadi saya ke dokter gigi, Gigi saya bolongnya gede banget saya minta ditambal. tapi kenapa malah ditambal ya bukannya dicabut. Terimakasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

 

Pada prinsipnya kita harus mempertahankan gigi selama mungkin di dalam mulut. Gigi yang sudah berlubang besar masih mungkin untuk dilakukan penambalan. Dengan melihat gejala seperti yang anda sampaikan, yaitu sakit tapi tidak lama hilang, kemungkinan perjalanan karies gigi anda sudah mencapai lapisan dentin, yaitu lapisan kedua berwarna kuning dan sangat sensitif terhadap stimulan. Untuk itu segera periksa dan lakukan penambalan pada gigi tersebut. Karena semakin lama dibiarkan, perjalanan karies gigi anda akan terus berjalan sehingga menembus lapisan dentin dan masuk ke dalam ruang pulpa yang berisi saraf gigi.

Bila karies sudah menembus ke dalam ruang pulpa, maka rasa sakit akan semakin hebat, atau seperti yang sering dikatakan sakit spontan, sakit tanpa sebab, cekot-cekot, mengganggu tidur malam. Pada tahap ini gigi sudah tidak bisa ditambal lagi, sehingga harus dilakukan perawatan saluran akar untuk bisa mempertahan gigi tersebut.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan ,semoga bermanfaat.

Jawaban yang dapat kami berikan atas pertanyaan anda tidak dapat menggantikan konsultasi secara langsung khususnya masalah gigi dan mulut , gambaran klinis pada pasien sangat penting dalam memberikan diagnosa dan solusi.

Saya DocDiego , Jaga kesehatan gigi dan mulut untuk masa depan !!!

    0 Komentar

    Belum ada komentar