Sukses

gigi pecah harus dicabut
09 May 2018, 11:01 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok gigi geraham kiri bawah saya sudah lama berlubang dan menyebabkan bau, bahaya kah bila dicabut?.. Dan gigi geraham kanan atas patah , baik'a dicabut atau dibiarkan saja?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

 

gigi tersebut harus segera dirawat karena bila dibiarkan maka keadaannya dapat menjadi semakin buruk dan membahayakan kesehatan rongga mulut dan tubuh.

Sisa akar gigi pada prinsipnya harus dicabut, karena keberadaannya dalam rongga mulut dapat mengganggu kesehatan. Selain dapat menyebabkan infeksi sisa akar gigi juga merupakan "gerbang" masuknya kuman. Bengkak yang Saudari alami itu dikarenakan telah terjadi infeksi.

Membiarkan sisa akar gigi dalam mulut dapat kita analogikan seperti menyimpan sampah karena sisa akar gigi adalah sisa gigi yang telah mati atau nonvital dimana persyarafannya sudah mati juga, maka tentu saja harus dikeluarkan. Mengenai penatalaksanaannya tergantung dari keadaan sisa akar gigi tersebut, dapat dilakukan dengan pencabutan biasa.

Diperlukan pemeriksaan secara langsung untuk memastikan apakah gigi tersebut dapat ditambal atau harus dilakukan pencabutan. Pencabutan akan dilakukan pada gigi yang memang sudah tidak dapat dirawat lagi baik dengan penambalan atau perawatan lainnya. Gigi yang tidak goyang namun memang perlu dicabut bukan merupakan suatu kondisi yang berbahaya atau beresiko selama pencabutan tersebut dilakukan sesuai prosedur dan pasien dapat kooperatif terhadap instruksi dokter gigi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan ,semoga bermanfaat.

Jawaban yang dapat kami berikan atas pertanyaan anda tidak dapat menggantikan konsultasi secara langsung khususnya masalah gigi dan mulut , gambaran klinis pada pasien sangat penting dalam memberikan diagnosa dan solusi.

Saya DocDiego , Jaga kesehatan gigi dan mulut untuk masa depan !!!

    0 Komentar

    Belum ada komentar