Sukses

efek rongten berulang
09 May 2018, 11:00 WIB
Wanita, 23 tahun.

Pagi Dok, dua minggu yang lalu saya diminta untuk melakukan rontgen TMJ, namun setelah saya dirujuk, saya diminta melakukan rontgen ulang untuk TMJ dan Panoramic. Apakah tidak berbahaya dok jika melakukan 3 kali rontgen dalam sebulan? Demikian dok pertanyaannya, terima kasih.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

 

Menurut kami tidak jelas alasannya bila dilakukan pemeriksaan radilogis panoramic tmj berkali2 dalam satu bulan , keculai ada tindakan bedah atau pasca operasi , panoramic biasanya hanya perlu dilakukan 6 bulan -1 tahun sekali 

Salah satu yang sering dikhawatirkan pada pemeriksaan medical check up adalah rontgen yang berulang-ulang. Dosis radiasi x-ray sebenarnya beberapa ribu kali lebih kecil untuk biasa menyebabkan kulit terbakar, penyakit, bahkan risiko kanker. Bahkan paparan radiasi yang ditimbulkan oleh lingkungan sekitar kita sangat jauh lebih besar. Satuan dosis radiasi dinyatakan dalam rem atau mSV (millisievert). Nilai batas dosis paparan radiasi yang dapat diterima adalah 1 mSV per tahun. Dosis rontgen kepala/paranasal adalah sekitar 0,1 mSV. Jadi maksimal dilakukan 10 kali dalam setahun.

Namun, alat-alat rontgen saat ini menggunakan radiasi dosis rendah sehingga aman bila diperlukan pengulangan. Seseorang dapat menjalani rontgen hingga 6-8 kali setahun tanpa mengalami efek samping.

kami sarankan agar kembali mengkonfirmasi kepada dokter yang merawat anda , sehingga pemeriksaan radilogi efisien.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan ,semoga bermanfaat.

Jawaban yang dapat kami berikan atas pertanyaan anda tidak dapat menggantikan konsultasi secara langsung khususnya masalah gigi dan mulut , gambaran klinis pada pasien sangat penting dalam memberikan diagnosa dan solusi.

Saya DocDiego , Jaga kesehatan gigi dan mulut untuk masa depan !!!

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar