Sukses

sariawan di mulut
09 May 2018, 10:59 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok,awalnya saya sariawan kecil d mulut bag bwah tapi karena gigi saya pada jarang tdk sengaja sariawan ny k gigit trus sering nyelip d antara gigi saya stlah itu membesar v kurang lbih 1 bulan sariawan ny tdk hilang sprt biasanya dia nampak seperti benjolan v tdk terasa nyeri,gimana y cara ny biar smbuh sprti smula soalny ngeganggu saat mkn k gigit trus bnjolan ny tolong pencerahanny y dok trimakasih..

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

 

Saya memahami kekhawatiran Anda. Keadaan timbulnya sariawan yang sering dalam rongga mulut ini patut diwaspadai karena keberadannya dikaitkan dengan beberapa kondisi dan penyakit.Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) atau yang dikenal juga dengan sariawan belum diketahui dengan pasti penyebabnya, tetapi terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan dan tidak hanya karena kekurangan vitamin atau terkait kebersihan mulut saja. Beberapa kondisi yang terkait timbulnya sariawan adalah stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan  tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut  dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang  mengandung vitamin dan mineral.

Mengingat luka dalam rongga mulut dapat berindikasi beberapa penyakit ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis Oral medicine (SpOM) agar dapat dipastikan diagnosa dan penyebabnya, terutama bila sariawan tersebut berulang atau tidak kunjung sembuh dalam 2 minggu.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan ,semoga bermanfaat.

Jawaban yang dapat kami berikan atas pertanyaan anda tidak dapat menggantikan konsultasi secara langsung khususnya masalah gigi dan mulut , gambaran klinis pada pasien sangat penting dalam memberikan diagnosa dan solusi.

Saya DocDiego , Jaga kesehatan gigi dan mulut untuk masa depan !!!

    0 Komentar

    Belum ada komentar