Sukses

Kulit Mengelupas
08 May 2018, 16:39 WIB
Wanita, 22 tahun.

selamat siang, dok saya mau tanya, kenapa setelah main di alam (ngetrip, renang dan berpanas2an) 2 hari kemudian kulit muka saya selalu mengelupas, apa mungkin karena saya tidak pernah pakai cream muka, atau karena memang setiap hari tidak terkena panas langsung. karena sudah coba beberapa cream hasilnya berjerawat dan kulit muka jadi kering dan berkeriput. mohon solusinya dok. terimakasih sebelumnya

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Kulit Mengelupas melalui fitur Tanya Dokter.

Banyak informasi yang harus didapatkan dari kasus Anda. Sejak kapan keluhan ini berlangsung? Apakah ada keluhan lain seperti gatal? Apakah Anda memiliki alergi? Adakah kemerahan di kulit? Apakah kulit kering hanya di bagian mengelupas atau seluruh tubuh? Kondisi tersebut akan mengarahkan kemungkinan penyebab Anda. Sulit mengetahui sebab keluhan Anda karena informasi yang minim. Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan masalah kulit adalah

Dermatitis kontak, hal ini berkaitan dengan paparan zat tertentuInfeksi jamur, dapat mengakibat menumpuknya kulit ari. Kondisi ini biasanya disertai dengan gatalDermatitis seboroik, yaitu peradangan pada kelenjar minyak rambutAlergi obatDermatitis berkaitan dengan alergiSeiring dengan pertambahan usia, terdapat beberapa perubahan pada struktur dan elastisitas kulit karena berkurangnya produksi minyak alami serta kolagen kulit. Kondisi diperburuk dengan paparan bahan iritan yang apabila pajanannya terakumulasi dapat menyebabkan penebalan kulit, kering, retak hingga luka.

Idealnya perlu dilakukan pemeriksaan langsung untuk melihat gambaran kelainannya sehingga diagnosis dapat lebih mudah ditegakkan. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Tak pelak, kelemababan kulit pun harus diperhatikan dengan berbagai macam langkah sebagai berikut:

Hindari penggunaan sabun antiseptik, terutama yang menghasilkan banyak busaHindari mandi menggunakan air panasHindari tindakan menggosok kulit (contohnya sabun dengan kandungan scrub atau tindakan mengeringkan kulit menggunakan handuk)Gunakan losio yang mengandung pelembab. Semakin kering dan tebal kulit, maka konsentrasi pelembab yang dibutuhkan juga semakinbesarHindari tindakan mengamplas kulit yang kering, karena tindakan tersebut justru akan membuat kulit menjadi tebal, kasar hingga luka.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Kulit Mengelupas. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar