Sukses

Terlambat Haid, Hamil?

08 May 2018, 16:04 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, teman dekat saya cerita dengan saya dan minta solusi saya, dia bilang dia telat mens seminggu dari tanggalnya, lalu saya tanya ke dia ttg apa yang sudah dia lakukan, dia bilang ke saya tiap kali pacaran dia selalu melakukan sex dengan pacarnya, terakhir dia melakukan nya tapi sperma nya di keluarkan di paha bagian belakang, apa itu bisa berpotensi hamil dok.? Jika iya apa mungkin saat ini dia hamil.? Terimakasih sebelumnya dok... mohon solusi nya maaf bila ada kata yang tidak sopan...

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Terlambat Haid, Hamil? melalui fitur Tanya Dokter.

Terlambat haid memang merupakan salah satu tanda kehamilan yang paling pertama disadari. Namun demikian, terlambat haid tidak selalu berarti hamil. Cara paling mudah untuk memastikannya adalah melalui test pack. Bila hasil pertama negatif dan Anda masih ragu, ulang kembali 1-2 hari kemudian bila tetap belum haid. (Baca: Tanda Pasti Hamil)

Terlambat haid merupakan kondisi yang umum terjadi dan dapat disebabkan oleh banyak hal, yaitu:

Perubahan berat badan (baik peningkatan/penurunan BB) yang drastisExercise berlebihanCrash dietMerokok, minum alkohol, minum kopi berlebihanMenggunakan obat-obatan tertentu (hormon, kemoterapi, obat psikotik)Stress psikologisPenyakit kandungan (sindrom ovarium polikistik, myoma uteri, polip rahim, kista rahim, endometriosis)Penyakit lainnya seperti gangguan tiroidBila keluhan ini berlanjut, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Terlambat Haid, Hamil?. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar